
Analysis Of Students Errors In Using Simple Present Tense Of Sentence Level Made By Eight Grade Students At MTs Alkhairaat Tarakan
Pengarang : Heri Kurniadi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan dalam menulis sentence level menggunakan simple present tense yang dibuat oleh siswa kelas delapan di MTs AlKhairaat Tarakan. Metode penelitian ini adalah Kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas delapan di MTs AlKhairaat Tarakan. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan MTs AlKhairaat Tarakan dan peneliti memilih kelas VIII-A da VIII-B. Itu terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes menulis penulis akan meminta siswa untuk menulis sentence levem menggunakan simple present tense. Mereka akan bebas menuliskannya berdasarkan pendapat mereka dan peneliti akan memberikan waktu 80 menit untuk menyelesaikannya. Hasil dari proses analisis kesalahan menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan menjadi empat jenis: kelalaian, penambahan, pemilihan, dan pemesanan. Dari frekuensi masing-masing jenis kesalahan, pemilihan adalah kesalahan yang paling sering dihasilkan oleh siswa. Error Misformation 152 dari total kesalahan. Selain itu, 66 kesalahan jatuh ke dalam error omission dan 21 kesalahan di addition; sedangkan, untuk Misordering, hanya 11 Kesalahan ini dilakukan karena sebagian besar siswa tidak mengerti tentang aturan bahasa target, sehingga siswa menggeneralisasi aturan dan menerapkannya secara tidak lengkap.
This research objective was to find out and described the errors in writing sentence level use the simple present tense made by eighth grade at MTs AlKhairaat Tarakan. The design of this research was Qualitative. The population in this research was all of the eighth grade students at MTs AlKhairaat Tarakan. The sample in this research was 30 students. The subject of this research was eighth grade of MTs AlKhairaat Tarakan and The researcher choose class VIII-A and VIII-B. It consisted of 30 students. Technique of collecting data was writing test, the researcher were asked the students to wrote sentence level using the simple present tense. The students write opinions and the researcher were given 80 minutes to finish it. The result of the error analysis process showed that students committed error into four types: omission, addition, misformation, and ordering. From the total of each error types, misformation was the error which most frequently produced by the students. It took 152 of the total errors. Moreover, 66 errors fell into omission and 21 errors fell into addition; whereas, for Misordering, it only took 11 These errors were conducted because most of the students did not understand about the rules of target language as well, so that the students generalized the rule and applied it incompletely.