
Hubungan Peran Serta Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Balita Usia 3–5 Tahun Di TK Bhayangkari Tahun 2013
Pengarang : Ulikalesa Bua - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Perkembangan Motorik Halus Adalah Kemampuan Ekstremitas Superior, Tangan Serta Jari Dan Koordinasi Mata-Tangan Untuk Memanipulasi Lingkungan. Orang Tua Bertanggung Jawab Dan Memegang Peranan Penting Terhadap Proses Pembelajaran Dan Tumbuh Kembang Anak.
Penelitian Ini Bertujuan Mengetahui Hubungan Peran Serta Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Balita Usia 3–5 Tahun Di TK Bhayangkari. Penelitian Ini Bersifat Analitik Dengan Menggunakan Pendekatan Cross Sectional. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Semua Balita Yang Berjumlah 124 Anak Balita Dan Orang Tua. Pengambilan Sample Di Ambil Secara Non Random Sampling Dengan Cara Purposive Sampling Dengan Jumlah Sampel 38 Balita Dan Orang Tua. Teknik Analisa Data Mengunakan Analisa Univariat Dengan Distribusi Frekuensi Dan Analisa Bivariat Dengan Uji Statistik Chi Square (X²) Pada Taraf Signifikan P Value < a 0,05 Menggunakan SPSS. P Value = 0,002 < 0,05 Dan X² Hitung = 16,467 > X² Tabel (9,488).
Kesimpulannya Terdapat Hubungan Yang Signifikan Antara Peran Serta Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik Halus Dengan Uji Statistik Chi Square (X²) Pada Taraf Signifikan P Value < a 0,05 Menggunakan SPSS. Hasil Penelitian Menunjukkan Ada Hubungan Peran Serta Ortang Tua Terhadap Perkembangan Motorik Halus Balita Usia 3–5 Tahun. P Value = 0,002 < 0,05 Dan X² Hitung = 8,464 > X² Tabel (3,841).
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motorik Halus, Balita Usia 3–5 Tahun
Tidak Tersedia Deskripsi