Perwatakan Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Kumpulan Cerita Anak Ayo Bersemangat Karya Widya Ross (Kajian Sastra Anak) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perwatakan Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Kumpulan Cerita Anak Ayo Bersemangat Karya Widya Ross (Kajian Sastra Anak)

Perwatakan Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Kumpulan Cerita Anak Ayo Bersemangat Karya Widya Ross (Kajian Sastra Anak)

Pengarang : Siti Rahmi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perwatakan tokoh dan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku kumpulan cerita anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari bukucerita anak yang berjudul Ayo Bersemangat karya Widya Ross. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik baca, simak, dan catat. Teknik analisis data yang dilakukan dengan mengumpulkan data yang telah dicatat kemudian mendeskripsikan perwatakan tokoh dan nilai pendidikan karakter yang terkandung selanjutnya membuat kesimpulan dari data yang telah di dapat. Jumlah keseluruhan data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebanyak 32 data. Data penelitian terdiri atas 26 data perwatakan tokoh yakni, kerja keras, baik hati, perhatian, pemalu, tegas, penyabar, jujur, bertanggung jawab, penolong, cemas, penyayang, cuek, penakut, pemalas, suka mengeluh, pemarah serta 6 data nilai pendidikan karakter yakni nilai pendidikan karakter kerja keras, nilai pendidikan menghargai prestasi, nilai pendidikan karakter jujur, nilai pendidikan karakter bersahabat dan komunikatif, nilai pendidikan karakter tanggung jawab, nilai pendidikan karakter peduli sosial.

This study aimed to describe character traits and educational values found in a childrens storybook entitled Ayo Bersemangat by Widya Ross. This study used a qualitative method. The data source was obtained from the childrens story book. Data were collected using reading, analyzing, and note taking techniques. The previously recorded data were collected, then the characteristic traits and educational values were described, and finally the conclusios were drawn. There was a total of 32 data found in this study. The research result showed that there were 26 character traits found in the story book, namely hard work, kindness, attention, shy, assertive, patient, honest responsible, helpful, anxious, caring, indecisive, cowardly, lazy, complacent, and angry. In addition, there were 6 educational values found, namely working hard, appreciating achievement, being honest, being friendly and communicative, being responsible, and being socially caring.

Detail Informasi