
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Yanti Indah Pratiwi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan, pengaruh jenis kelamin terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan, dan pengaruh interaksi antara motivasi belajar dan jenis kelamin terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 163 siswa, diantaranya terdiri dari 88 siswa laki-laki dan 75 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi skor. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yang diolah dengan bantuan aplikasi SPSS 24. Analisis deskriptif menggunakan modus, sedangkan analisis inferensial menggunakan Two Way ANOVA. Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan; (2) terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan; (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara motivasi belajar dan jenis kelamin terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan.
Kata Kunci: Jenis Kelamin, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
This research aimed to figure out the influence of learning motivation on mathematical learning achievement of Grade VIII students at SMP Negeri 5 Tarakan; the influence of gender on mathematical learning achievement of Grade VIII students at SMP Negeri 5 Tarakan; and the influence of interaction between teaming motivation and gender on mathematical learning achievement of Grade VIII students at SMP Negeri 5 Tarakan. This research used a quantitative method with a causal associative approach. The research population ovum all Grade VIII students at SMP Negeri 5 Tarakan. The samples were collected using using a Proportionate Stratified Random Sampling technique. The samples were 163 students consisting of 88 male and 75 female students The data were collected using questionnaire and score documentation. The collected data were then processed using both descriptive and inferential analysis equipped with SPSS 24. The descriptive analysis used mode, while the inferential analysis used TWO Way ANOVA. Based on the analysis results, the significance level was 5% or 0,05. Thus, it can be concluded that: (1) learning motivation influenced mathematical learning achievement of Grade VIII students at SMP Negeri 5 Tarakan; (2) gender influenced mathematical learning achievement of Grade VIII students at SMP Negeri 5 Tarakan; (3) interaction between learning motivation and gender did not influence mathematical learning achievement of Grade VIII students at SMP Negeri 5 Tarakan. Keywords: Gender, Learning Motivation, Learning Achievement