
Hubungan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Berbasis Online Di Masa Pandemi Di SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Sukmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Tarakan dan tentang peran guru dalam hubungan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 11 Tarakan? Skripsi ini merupakan penelitian jenis Kuantitatif dan jenis penelitian ini yaitu studi khusus sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, guru kelas siswa dan orang tua di SMP Negeri 11 Tarakan,Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari Angket mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 11 Tarakan Tahun Pelajaran 2020/2021, Teknik pengumpulan data dengan mengunakan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk mencapai suatu keberhasilan belajar pada masa covid-19 yaitu perlu kerja sama antara guru dan orang tua untuk mencapai keberhasilan kerja siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: nilai angket tahap awal yang diperoleh kelas VII.1 diperoleh (5,3%), VII.2 diperoleh (4,2%) dan VII.3 diperoleh (6,2%), dan nilai angket tahap akhir yang diperoleh adalah kelas VII.1 diperoleh ( 7,1%), VII.2 diperoleh (7,1%) dan VII.3 diperoleh (8,8%).
This research aimed at determining the effect of Indonesian language subject online learning on learning achievement of grade VII students at SMP N 11 Tarakan and the teachers’ role on the relationship between students’ motivation in learning the Indonesian language subject at SMP N 11 Tarakan. This study was classified into a quantitative research type with a special case study. The samples in this research were the class VII students,teachers and perents at SMP N 11 Tarakan. The data sources in this research were obtained from questionnaires related to Indonesian language subject at SMP N 11 Tarakan in the Academic Year of 2020/2021. The data were collected using observation,interviewes, and documentation. The research results show that to achieve a successful learning during the COVID-19 pandemic, cooperation between teachers and parents were greatly necessary, so that the student were able to achieve their learning success. The research results also show that the values of early-stage questionnaire obtained from the students of grade VII,1 VII,2 and VII,3 were respevtive 5,3%, 4,2%, and 6,2%. Meanwhile, the values of final-stage questionnaire obtained from the studets of Grade VII,1, VII,2. and VII,3 were respectively 7,1%, 7,1%, and 8,8%.