
Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Hang Tuah Tarakan
Pengarang : Samson Ago - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di Smp Hang Tuah Tarakan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi (hubungan). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII di Smp Hang Tuah Tarakan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di Smp Hang Tuah Tarakan dan teknik sampel yang digunakan teknik probability sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa di Smp Hang Tuah Tarakan terdapat pengaruh pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa pada Smp Hang Tuah Tarakan dengan hasil uji Signifikan ( Uji-T) dengan t hitung > t table (9.800>2.262). hasil ini juga membuktikan bahwa adanya pengaruh yang positif dari pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa sebesar 91,4% yang di buktikan dari hasil analisis koefisien determinasi (r2) dengan tingkat pengaruh pada umumnya.
This study aimed to figure out the effect of indonesia language subject online learning on learning achievement of VIII students at smp hang tuah tarakan using a quantitative research method with a correlational research type. this research was conducted on grade VIII students at smp hang tuah tarakan. the data were collected using observation, interviews, documentation, and questionnaires. the research population and samples were all grade VIII students at smp hang tuah tarakan and collected using a probability sampling technique. the research result show that indonesia language subject online learning influenced learning achievement of grade VIII students at hang tuah tarakan with the Significance (T-test) value of t-count > t-table (9.800>2.262) proving that there was a positive influence between indonesia language subject online learning and students' learning outcomes by 91.4% followed with the determination coefficient (r2) result at general influence level.