Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Persalinan Terhadap Pelayanan Di Puskesmas Sebengkok Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Timur | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Persalinan Terhadap Pelayanan Di Puskesmas Sebengkok Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Timur

Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Persalinan Terhadap Pelayanan Di Puskesmas Sebengkok Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Timur

Pengarang : Titi Rosmaria Haugian - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    LAPORAN TUGAS AKHIR

Abstract

Jaminan Persalinan Merupakan Upaya Untuk Menjamin Dan Melindungi Proses Kehamilan, Persalinan, Paska Persalinan, Dan Pelayanan KB Paska Salin Serta Komplikasi Yang Terkait Dengan Kehamilan, Persalinan, Nifas, KB Paska Salin, Sehingga Manfaatnya Terbatas Dan Tidak Dimaksudkan Untuk Melindungi Semua Masalah Kesehatan Individu. Kepuasan Pasien Dipengaruhi Banyak Faktor, Antara Lain Yang Bersangkutan Dengan: Pendekatan Dan Perilaku Petugas, Perasaan Pasien Terutama Saat Pertama Kali Datang, Mutu Informasi Yang Di Terima, Seperti Apa Yang Di Kerjakan, Apa Yang Dapat Diharapkan, Prosedur Perjanjian, Waktu Tunggu, Fasilitas Umum Yang Tersedia, Fasilitas Untuk Pasien Seperti Mutu Makanan, Privasi Dan Pengaturan Kunjungan, Terapi Dan Perawatan Yang Diterima.
Tujuan Penelitian Ini Untuk Mengetahui Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Persainanl Terhadap Pelayanan Di Puskesmas Sebengkok Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian Ini Menggunakan Disain Penelitian Deskriptif, Metode Penggumpulan Data Berdasarkan Pendekatan Waktu Cross Sectional. Teknik Sampling Dengan Cara Purposive Sampling Dengan Jumlah Sampel 30 Orang. Pengumpulan Data Dilakukan Dengan Cara Membagikan Kuisioner, Kemudian Dianalisa Secara Deskriptif Dan Disajikan Dalam Bentuk Tabel Frekuensi Dari Variable Yang Diteliti Dalam Bentuk Prosentase.
Hasil Penelitian Ini Menunjukan Bahwa Pasien Pengguna Program Jampersal Terhadap Pelayanan Di Puskesmas Sebengkok Kota Tarakan, Yakni (90%) Dengan Kategori Puas, (10%) Pada Kategori Sangat Puas, (0%) Pada Kategori Tidak Puas, Dan (0%) Pada Kategori Sangat Tidak Puas. Dari Prosentasi Tersebut Dapat Ditarik Kesimpulan Bahwa Ada Pengaruh Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Persalinan Terhadap Pelayanan Di Puskesmas Sebengkok Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Timur Berdasarkan Mutu Informasi Yang Diterima, Pendekatan Dan Perilaku Petugas, Fasilitas Umum Yang Tersedia, Waktu Tunggu.

Kata Kunci: Kepuasan, Jaminan Persalinan, Pelayanan, Kota Tarakan

Labor Warranty Is An Attempt To Guarantee And Protect The Process Of Pregnancy, Childbirth, Post-Partum, And Post-Copy Family Planning Services As Well As Complications Associated With Pregnancy, Childbirth, Childbirth, Family Planning Post-Copy, So That Its Benefits Are Limited And Are Not Intended To Protect All Individual Health Problems. Patient Satisfaction Is Influenced By Many Factors, Among Others, Are Concerned With: Approaches And Officer Behavior, Feelings Of Patients, Especially When He First Arrived, The Quality Of Information Received, Such As What Was Done, What Can Be Expected, The Agreement Procedure, Waiting Time, Public Facilities Available, Facilities For Patients Such As Food Quality, Privacy And Regulation Of The Visit, Therapy And Care Received. The Purpose Of This Study To Determine The Image Rate Of Patient Satisfaction Guarantee Delivery Services In The Health Center City Sebengkok Tarakan In East Borneo Province. This Study Used A Descriptive Research Design, Data Collection Methods Based On The Cross-Sectional Approach. Purposive Sampling Technique By Sampling With A Sample Of 30 People. The Data Was Collected By Distributing Questionnaires, Were Analyzed Descriptively And Presented In Tabular Form The Frequency Of The Variable Under Study As A Percentage. The Results Of This Study Showed That Patients Taking Delivery Of The Service Guarantee Program In A City Health Center Sebengkok Tarakan, Ie (90%) Satisfied With The Category, (10%) In The Category Of Very Satisfied, (0%) In The Category Are Not Satisfied, And (0%) The Category Is Not Satisfied. Percentage Of These Can Be Concluded That There Is Influence Of Patients' Satisfaction Guarantee On Service Delivery In Health Centers Sebengkok Tarakan City Of East Borneo Province On The Quality Of Information Received, And Behavioral Approaches Officers, Public Facilities Are Available, The Waiting Time. Keywords: Satisfaction, Labor Warranty, Service, City Of Tarakan

Detail Informasi