
Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Lili Astuti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika, di kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan.
Jenis penelitan ini adalah penelitian kuntitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling (Area Sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategorisasi disposisi matematis berada didalam kategori sedang dengan persentase siswa sebesar 55,88% terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Disposisi matematis memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan dengan persamaan regresi Y = 38.939 + 0.184x nilai 38.939 merupakam konstanta, artinya artinya jika nilai disposisi matematis adalah nol atau konstan, maka nilai hasil belajar matematika yang dihasilkan adalah sebesar 38,939, dan koefisien regresi 0,184 menandakan artinya setiap kenaikan satu nilai disposisi matemattis, maka akan menyebabkan kenaikan hasil belajar
Kata Kunci: Disposisi Matematis, Hasil Belajar Matematika
This study aims to determine the effect of mathematical disposition on mathematics learning outcomes, in class VIII of SMP Negeri 8 Tarakan. This type of research is a quantitative research with survey method. The study population was all eighth grade students of SMP Negeri 8 Tarakan. The research sample was taken using the Cluster Random Sampling (Area Sampling) technique. Data collection techniques in this study used questionnaires and documents. Data analysis technique used to analyze the research data is a simple regression analysis with the help of SPSS 23.0 software for windows. The results showed that the categorization of mathematical disposition was in the moderate category with the percentage of students at 55.88% of the learning outcomes of Grade VIII students of SMP Negeri 8 Tarakan. Mathematical disposition has a significant influence on student learning outcomes in class VIII SMP Negeri 8 Tarakan with a regression equation Y = 38,939 + 0.184x the value of 38,939 is a constant, meaning that if the mathematical disposition value is zero or constant, the value of the resulting mathematics learning result is equal to 38,939, and a regression coefficient of 0.184 indicates that each increase in one mathematical disposition value will cause an increase in learning outcomes. Keywords: Mathematical Disposition, Mathematics Learning Outcomes