
Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Muhammad Fikri Irhamdany - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif pair check dan varibel terikat pada penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa SMP. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian yaitu kelas VIII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-3 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes tertulis dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk analisis data awal dan untuk analisis data akhir menggunakan uji statistik independent samples t-test dengan bantuan software SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai posstest di kelas eksperimen sebesar 61,09 lebih tinggi dari rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 52,81. Berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,019. Dengan demikian H0 ditolak dengan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif pair check berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Pair Check, Pemahaman Konsep Matematika
This study was consider as a quasi-experimental research design with a nonequivalent control group design. The independent variable in this study was the pair check cooperative learning model, while the dependent variable was the Junior High School students' understanding on mathematical concepts. The population in this study was all grade VIII students of SMP Negeri 1 Tarakan. 64 samples were collected using a puprosive sampling technique consisting of 32 students from Grade VIII-2 as the contol class and 32 students of Grade VIII-3 as the experimental class. The research data were collected from both written tests and documentation. The data were then analyzed using a descriptive and inferential analysis for the initial data analysis, while for final data analysis using a statistical test with an independent sample t-test equipped with the assistance of SPSS 25.0 software for windows. The descriptive analysis result of independent sample t-test, the significant level was 5% (a = 0.05) with the p-value of 0.019. Thus, H0 was rejected, while H1 was accepted. It can be concluded that the implementation of pair-check cooperative learning model affected the students' ability of understanding the mathematical concepts at Grade VIII of SMP Negeri 1 Tarakan. Keywords: Pair-Check Cooperative Learning Model, Understanding the Mathematical Concepts