Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Roni Toding - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil helajar matematika; 2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) pengaruh kecerdasan interpersonal dan kebiasaan kelajar terhadap hasil helajar matematika siswa kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitan adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan. Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategorisasi Kecerdasan Interpersonal berada pada kategori sedang dan Kebiasaan Belajar berada pada kategorisasi sedang. Kecerdasan Interpersonal memberikan pengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan dengan kontribusi sebesar 51% dengan persamaan regresi Y=0,461+0,722X. Kebiasaan Belajar memberikan pengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan dengan kontribusi sebesar 35,9% dengan persamaan regresi Y=13,448+0,551X. Kecerdasan Interpersonal dan Kebiasaan Belajar memberikan pengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan dengan persamaan regresi menunjukkan Y= -11,248+0,562X1+0,313X2. Hasil analisis pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa Kecerdasan Interpersonal dan Kebiasaan Belajar memberikan kontribusi sebesar 60% terhadap Hasil Belajar Matematika.

Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Matematika

This research aims to figure out; 1) the effect of interpersonal intelligence on learning outcomes of mathematics; 2) the effect of study habits on learning outcomes of mathematics; 3) the effect of interpersonal intelligence and study habits on learning outcomes of mathematics students in grade eleven IIS SMA Negeri 3 Tarakan. This type of research is a quantitative research with survey method. The population of this research was all of the eleven grade IIS Students of High School 3 Tarakan. The sample in this research was taken by simple random sampling technique. The technique of collecting data in this research were quetionnaire, and documents. The technique of analyzing data was double regression analysis by sofware SPSS 23.0 for Windows. The result of this research showed that categorization of Interpersonal Intelligence was generally in category medium and categorization of Study Habits was generally in category medium. The Interpersonal Intelligence gave a significance effect toward The Learning Outcomes Of Mathematics Students In Grade Eleven IIS SMA Negeri 3 Tarakan with a contribution 51% with the regression equation Y=0,461+0,722X. The Study Habits gave a significance effect toward The Learning Outcomes Of Mathematics Students In Grade Eleven IIS SMA Negeri 3 Tarakan with a contribution 35,9% with the regression equation Y=13,448+0,551X . The Effect Of Interpersonal Intelligence And Study Habits On Learning Outcomes Of Mathematics Students In Grade Eleven IIS SMA Negeri 3 Tarakan with regression equation showed Y=-11,248+0,562X1+ 0,313X2. The coefitient of determination analysis showed that the variabel of Interpersonal Intelligence and Study Habits gave 60% contribution toward The Learning Outcomes Of Mathematics. Keywords: Interpersonal Intelligence, Study Habits, The Learning Outcomes of Mathematics

Detail Informasi