
Peran Size Perusahaan, Leverage, dan CSR Dalam Meningkatkan Profitabilitas (Studi Empiris Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)
Pengarang : Bonita Septiharsi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh size perusahaan, leverage, CSR dan profitabilitas pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Pemilihan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling, berdasarkan kriteria sampel menghasilkan sampel sebanyak 29 perusahaan sehingga diperoleh data sebanyak 145 observasi (29x5). Hasil dari pengolahan dengan menggunakan warpPLS 6.0 diperoleh hasil penelitian size perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas dan CSR berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat dalam bahan kajian pengembangan bagi ilmu manajemen keuangan terkait pada pengaruh Size Perusahaan, Leverage, dan CSR dalam meningkatkan Profitabilitas, serta dapat digunakan sebagai pedoman atau acuan oleh perusahaan dalam upaya meningkatkan profitabilitas.
This study aims to determine the effect of company size, leverage, CSR and profitability on companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2019 period. The sample selection used purposive sampling technique, based on the sample criteria, it produced a sample of 29 companies so that data were obtained as many as 145 observations (29x5). The results of processing using warpPLS 6.0 showed that company size had a significant negative effect on profitability, leverage had a significant negative effect on profitability and CSR had a significant negative effect on profitability. This research is expected to be able to provide benefits in the development study material for financial management related to the influence of Company Size, Leverage, and CSR in increasing Profitability, and can be used as a guide or reference by companies in an effort to increase profitability.