
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Yuli Rahmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran (TAPPS dan konvensional) terhadap kemampuan Berpikir Kritis Matematis, pengaruh disposisi matematis tinggi dan rendah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran (TAPPS dan konvensional) dengan disposisi matematis siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di SMP Negeri 7 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan VIII-3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket disposisi matematis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur.
Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (TAPPS dan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dengan nilai p-value 0,046, disposisi matematis tinggi dan rendah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dengan nilai p-value 0,000, dan tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan dengan nilai p-value 0,503.
Kata Kunci: Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Disposisi Matematis
This research aims to determine the influence of cooperative learning models (TAPPS and conventional type) on mathematical critical thinking ability, the influence of high and low mathematical disposition on mathematical critical thinking abilities, and the influence of interactions between learning models (TAPPS and conventional type) with students’ mathematical disposition on mathematical critical thinking skills in eighth grader of SMP Negeri 7 Tarakan. This research was carried out in the odd semester of 2018/2019 school year in SMP Negeri 7 Tarakan. The type of research used in this study is a quasi-experimental with a 2×2 factorial design. The population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan. Sampling is done by simple random sampling. The sample in this study is class VIII-1 as a control class and VIII-3 as an experimental class. Data collection is done by using mathematical critical thinking ability test and mathematical disposition questionnaire. Data analysis techniques using descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis includes mean and standard deviation. Inferential analysis uses two-way variance analysis. Based on the results of the analysis with a significant level of 5%, it can be concluded that the learning model (TAPPS and conventional) influenced the ability of mathematical critical thinking with p-value 0.046, high and low mathematical disposition affect the ability of mathematical critical thinking with a p-value of 0.000, and there is no influence of interaction between learning models with mathematical disposition of mathematical critical thinking skills in class VIII SMP 7 Tarakan with p-value 0.503. Keywords: Thinking Aoud Pair Problem Solving (TAPPS), Mathematical Critical Thinking Ability, Mathematical Disposition