
Pengembangan Game “Masta Jungle” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Tarakan
Pengarang : Ihya Ulumiddin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Aplikasi “Masta Jungle” berbasis Android yang layak sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Tarakan pada materi Permutasi dan Kombinasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Tarakan pada kelas XI. Model pengembangan yang digunakan ialah model penemuan Dick and Carey. Pada model Dick and Carey terdiri dari 10 tahapan secara keseluruhan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap 9 yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Tahapannya dimulai dari analisis kebutuhan, analisis pembelajaran, analisis siswa, mengembangkan instrumen, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, merancang dan melakukan evaluasi formatif, dan revisi produk. Evaluasi produk aplikasi “Masta Jungle” dilakukan sebanyak 4 tahapan yaitu (1) evaluasi oleh ahli media pembelajaran dan ahli isi atau materi, (2) uji coba perorangan dengan subjek 3 orang siswa, (3) uji coba kelompok kecil dengan subjek 6 orang siswa, dan (4) uji coba lapangan dengan subjek 18 orang siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi “Masta Jungle” yang dikembangkan berdasarkan aspek media pembelajaran memperoleh rata-rata skor 2,7 dengan kategori baik dan aspek isi atau materi memperoleh rata-rata skor 3 dengan kategori sangat baik. Selain itu, dari hasil penelitian di lapangan, aplikasi “Masta Jungle” telah memenuhi syarat mudah untuk dioperasikan, mudah untuk dipelajari isinya dan memiliki tampilan yang menarik. Sehingga aplikasi ‘Masta Jungle” dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai perangkat belajar tambahan untuk siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Tarakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Aplikasi “Masta Jungle”, Model Pengembangan Dick and Carey, Media Pembelajaran Matematika
The purpose of this research was to produce the application of Masta Jungle with android based which was worthy as mathematics learning media for student class XI of SMA Muhammadiyah Tarakan on permutation and combination materials. The type of this research was Research and Development (R & D) which conducted at SMA Muhammadiyah Tarakan in class XI. The development model that used was Dick and Carey model. Overall, in the Dick and Carey model consists of 10 stages, however this research only used 9 stages, which was adjusted by the researchers' need. The stages started from needs analysis, learning analysis, students analysis, develop instruments, develop learning strategies, develop and choose learning materials, design and doing formative evaluations, and revision. The evaluation of Masta Jungle application was conducted in 4 stages namely (1) evaluation by the content and media expert, (2) individual test which consists of 3 students as the subjects (3) small group test which consists of 6 students as the subjects, and (4) field test which consists of 18 students as the subjects. The analysis showed that the application of Masta Jungle which developed based on the learning media aspect got average score of 2,7 with good category and the content aspect got average score of 3 with very good category. Futhermore, the research result from field for the Masta Jungle application had been fulfill the requirements for easy to operate, easy to learn, and has attractive appearance. Because of that, the Masta jungle application was worthy to be used as additional learning media for student in the class XI of SMA Muhammadiyah Tarakan. Keywords: Development, Masta Jungle Application, Dick and Carey Development Model, Instruction Media of Mathematics