Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 5 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Saniatil Uliah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar matematika siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada kelas VIII-6 SMP Negeri 5 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 12 April 2019-9 Mei 2019 di SMP Negeri 5 Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 5 Tarakan, yaitu 17 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan belajar dan instrumen tes hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data keterlaksanaan pembelajaran guru, keaktifan belajar, dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 64,71% siswa berada pada kategori cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,35% siswa berada pada kategori sangat tinggi. Pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 94,12% siswa berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 52,94% siswa berada pada kategori rendah. Hasil belajar matematika siswa pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,59% siswa berada pada kategori tinggi. Hasil belajar matematika siswa pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 76,47% siswa berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar matematika siswa pada kelas VIII-6 SMP Negeri 5 Tarakan.

Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization)

The purpose of this research were to increase the active learning and the outcomes of mathematics learning from the students by using cooperative learning TAI (Team Assisted Individualization) type for students class VIII-6 of SMP Negeri 5 Tarakan. The type of this research was classroom action research. This research was conducted on April 12th 2019 - May 9th 2019 at SMP Negeri 5 Tarakan. The subjects from this research were students class VIII-6 of SMP Negeri 5 Tarakan, namely 17 students. The technique of collecting data on this research was used active learning observation sheet and instrument test of the outcomes mathematics learning. The technique of analysis data was used namely data analysis of the outcomes teacher learning, active learning, and the outcomes students mathematics learning. This research was conducted on three cycles, which consisted of three meetings in every cycle. The results from this research showed that the active learning on the I cycle were 64,71% the students were in fair category. On the II cycle was increased to 82,35% the students were in very high category. On the III cycle was increased to 94,12% the students were in very high category. Meanwhile, the outcomes of mathematics learning on the I cycle were 52,94% the students were in low category. The outcomes of mathematics learning on the II cycle was increased to 70,59% the students were in high category. The outcomes of mathematics learning on the III cycle was increased to 76,47% the students were in high category. Based on the results from the research, it can be concluded that the application of cooperative learning TAI (Team Assisted Individualization) type can increase the active learning and the outcomes of mathematics learning from students class VIII-6 at SMP Negeri 5 Tarakan. Keywords: Active Learning, The Outcomes of Mathematics Learning, Cooperative Learning TAI (Team Assisted Individualization) Type

Detail Informasi