Pengembangan Media Insektarium Sebagai Media Pembelajaran SMA Kelas X | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Insektarium Sebagai Media Pembelajaran SMA Kelas X

Pengembangan Media Insektarium Sebagai Media Pembelajaran SMA Kelas X

Pengarang : Edo Dannyta Sampe Toding - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media insektarium sebagai media pembelajaran SMA Kelas X berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru biologi, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. ADDIE merupakan singkatan dari ( Analysis-Design-Implement-valuate ). Instrumen yang digunakan pada peelitian ini yaitu lembar validasi, dan lembar angket respon siswa. Sebelumnya, produk telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru biologi. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru biologi, kualitas produk dinyatakan baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Ahli materi menilai produk dengan persentase 80% (Kategori layak), ahli media menilai produk dengan persentase 80% ( Kategori layak ), guru biologi menilai produk dengan kategori sangat layak ( 94,5% ). Sedangkan respon siswa memperoleh penilaian dengan persentase 82,87% dan dikategorikan layak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media insektarium layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas X.

This study aims to develop and find out the feasibility of insectarium as a learning media for high school based on assessment from material axperts, media experts, and biology teachers, and student responses to the media. This research is a research and development using ADDIE model. ADDIE stands for AnalysisDesign-Implement-Evaluate. Instrument used in this study are validation sheets, and student response questionnaire sheets. Before hand the product had been validated by material experts, media experts, and biology teachers. Based on the assessment of material experts, media experts, and biology teachers, the quality of products is categorized as good and feasible to be used as a learning media. Material experts rate products with a percentage of 80% (feasible category), media experts rate products with a percentage of 80% (feasible Category), biology teachers assess products with very feasible categories (94.5%). While the responses of students get an assessment with a percentage of 82.87% and categorized as feasible. It can be concluded that the insectarium media was worthy to be used as high school learning media.

Detail Informasi