Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Spermatophyta Untuk Kelas X SMA/MA Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Spermatophyta Untuk Kelas X SMA/MA Tarakan

Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Spermatophyta Untuk Kelas X SMA/MA Tarakan

Pengarang : Sabaria - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik sebagai bahan ajar pada materi spermatophyta untuk kelas X SMA/MA yang berkualitas dari segi kelayakan dan respon siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, development, dan Disseminate. Akan tetapi, hanya dilakukan sampai tahap ke 3 yaitu tahap Development. Data penelitian dianalisis melalui uji kelayakan dan respon siswa. Pengujian produk dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi (guru biologi). Uji coba lapangan dilakukan di SMA Negeri 3 Tarakan pada kelas XI MIA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 89% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 81% dengan kategori sangat layak, ahli praktisi sebesar 94,7% dengan kategori sangat layak dan respon siswa sebesar 87% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik pada materi spermatophyta yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas bahan ajar yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran biologi di sekolah.

This study aims to produce a biological learning module based on a scientific approach as a teaching material on spermatophyta material for class X SMA / MA quality in terms of feasibility and student response. This research is a type of Research and Development (R & D) research using a 4-D development model consisting of 4 stages, namely Define, Design, Development, and Disseminate. But, it is only done until the third stage, namely the Development stage. Research data were analyzed through feasibility tests and student responses. Product testing is carried out by media expert validators, material experts, and expert practitioners (biology teachers). Field trials were conducted at SMA Negeri 3 Tarakan in the XI MIA 3 class with a total of 30 students. The validation results obtained from media experts amounted to 89% with very decent categories, material experts at 81% with very feasible categories, practitioner experts at 94.7% with very feasible categories and student responses at 87% with very interesting categories. Based on the results of these studies, it can be concluded that the biology learning module based on the scientific approach to the spermatophyta material developed has met the quality criteria of teaching materials that are good and suitable for use in biology learning at school.

Detail Informasi