Hubungan Antara Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Antara Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di MTs Negeri Tarakan

Hubungan Antara Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Ajimudin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan metode deskriptif korelasi yang bertujuan untuk menganalisis hubungan gaya belajar siswa kelas VIII IPA MTs Negeri Tarakan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 131 siswa kelas VIII MTs Negeri Tarakan dan sampel penelitian terdiri daro 107 siswa MTs Negeri Tarakan yang diperoleh dengan perhitungan rumus Nomogram Harry King. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa, angket gaya belajar unutk mengetahui gaya belajar siswa dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji statistik Pearson Product Moment dan Regresi Berganda menggunakan software IBM SPSS Statistics 20 For Windows. Hasil analisis data pada penelitian diperoleh nilai signifikasnsi gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa yaitu 0,623. Gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar siswa dengan signifikansi 0,654. gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa dengan signifikansi 0,849 dan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik secara bersama sama terhadap hasil belajar siswa dengan signifikansi 0,962. Berdasarkan hasil analisis data diatas, signifikansi yang diperoleh dari masing masing variabel ataupun secara bersama-sama memiliki nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Simpulan pada penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan baik dari masing-masing gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa, maupun gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi