Identifikasi Hambatan Guru Dalam Proses Pembelajaran IPA dan Cara Pemecahannya Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 12 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Hambatan Guru Dalam Proses Pembelajaran IPA dan Cara Pemecahannya Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 12 Tarakan

Identifikasi Hambatan Guru Dalam Proses Pembelajaran IPA dan Cara Pemecahannya Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Febby Breacsiani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasi Kurikulum 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPA di SMP Negeri 12 Tarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif kemudian dilakukan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Kurikulum 2013 : (1) pada tahap perencanaan pembelajaran 80% sepenuhnya terlaksana, pada tahap pelaksanaan pembelajaran 80% sepenuhnya terlaksana, dan pada tahap penilaian pembelajaran 58% sebagian besar terlaksana. (2) hambatan yang dihadapi guru dalam implementasi Kurikulum 2013 pada aspek proses pembelajaran 60,71% hambatan tinggi, pada aspek sumber pembelajaran 43,75% hambatan rendah, pada aspek proses dan pelaksanaan penilaian 25% hambatan sangat rendah, dan pada aspek informasi Kurikulum 2013 90% hambatan sangat tinggi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi