
Pengaruh Model Word Square Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Aprianita S. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian adalah quasi experiment menggunakan pretest dan posttest nonequivalent control grup design. Sampel pengambilan dilakukan dengan purposive sampling. Sampel penelitian yakni kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Variabel yang diukur yaitu minat dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan intrumen tes berbentuk pilihan ganda dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen 80,0 sedangkan pada kelas 63,5. Uji hasil minat belajar dengan menggunakan uji Independent Sampel t Test pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai sebesar 0,000 yang arti nya terdapat perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan model Word Square dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hasil belajar siswa dengan menggunakan uji Independent Sampel t Test pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai sebesar 0,000 yang arti nya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Word Square dengan tidak. Pada uji Manova dengan nilai signifikan 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen yang menggunakan model word square terdapat perbedaan minat dan hasil belajar dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model word square terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab adanya pengaruh model word square dapat membangun pengetahuan siswa dengan dituntut mencari jawaban yang paling tepat dan harus menemukan apa yang dicarinya, mengarahkan siswa untuk berperan aktif, berpikir kritis dan teliti dalam menemukan jawaban pada proses pembelajaran.
Tidak Tersedia Deskripsi