Pengembangan Media Pembelajaran Biology Smart Apps (BISA) Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Untuk Siswa Kelas X SMA/MA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Biology Smart Apps (BISA) Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Untuk Siswa Kelas X SMA/MA

Pengembangan Media Pembelajaran Biology Smart Apps (BISA) Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Untuk Siswa Kelas X SMA/MA

Pengarang : Dahlia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Biology Smart Apps (BiSA) pada materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk siswa kelas X SMA/MA yang berkualitas berdasarkan hasil validasi ahli, praktisi dan uji lapangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi alur pengembangan model Luther yang terdiri dari lima tahap dimulai dari tahap concept (konsep) sampai tahap testing (pengujian). Hasil analisis validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat valid. Analisis validasi ahli materi I dan ahli materi II masing-masing memperoleh persentase sebesar 88% dan 85% dengan kriteria sangat valid. Penilaian validasi oleh praktisi masuk dalam kriteria sangat valid dengan perolehan persentase sebesar 91%. Respon siswa pada uji lapangan memperoleh persentase sebesar 83% dengan kriteria sangat layak.

The goals of this research are to produce digital learning media as known Biology Smart Apps (BiSA) and to know the quality of BiSA based on expert validation, practitioner and field testing. Research approach that was used in thiresearch was Research and Development (R&D). This research adapted Luthemodel that was used five phases (from concept to testing). The result of mediaexpert validation was obtained 85 % (very valid). The result of content expertsvalidation was obtained 88% (very valid, from first content expert) and 85% (vervalid, from second content expert). Validation result from practitioner waobtained 91% (very valid). Students respon at field testing was obtained 83%(very decent).

Detail Informasi