Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Muhammad Irfansyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2018 – 08 November 2018 di SMP Negeri 12 Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Tarakan, yaitu 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar obervasi minat belajar siswa, angket minat belajar siswa dan instrumen tes hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data aktivitas guru, minat belajar siswa, dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus , yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada siklus I sebesar 87% siswa berada pada minimal kategori tinggi dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 93% siswa berada pada minimal kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 56% siswa berada pada minimal kategori tinggi dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 73% siswa berada pada minimal kategori tinggi. Bedasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika siswa pada kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Tarakan.

Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

The aimed of this study was to increase learning interest and mathematics learning outcomes of students through the Make A Match type of cooperative learning model in class VIII-6 of SMP Negeri 12 Tarakan. The type of this study was classroom action research. The study was conducted on October 19, 2018 – November 8, 2018 at SMP Negeri 12 Tarakan. The subjects of this study were students of class VIII-6 of SMP Negeri 12 Tarakan with consisted of 30 students. The data collection techniques in this study used observation sheets of students’ learning interests, student learning interest questionnaires and student mathematics learning outcomes test instruments. The data analysis techniques that used in this study was analysis of teacher activity data, student learning interest, and students learning interest, and student mathematics learning outcomes. This research was conducted in 2 cycles, which was consisting of 3 meetings in each cycle. The results of this study indicated that students’ interest in learning in the first cycle amounted to 87% it means that the students were at a minimum of high category and the second cycle has increased to 93% of students were at a minimum high category. While the mathematics learning outcomes of students in the first cycle amounted to 56% of students were at a minimum in the high category and the second cycle had increased to 73% of students were at a minimum in the high category. Based o the result of this above, it can be concluded that the application of the cooperative learning model type make a match can increase students’ interest in learning and mathematics learning outcomes in class VIII-6 of SMP Negeri 12 Tarakan. Keywords: Interest in Learning, Mathematics Learning, Cooperative Learning Model Type Make A Match

Detail Informasi