Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan

Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Alfret Limban Paranna - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI MIPA semester genap tahun pembelajaran 2020/2021 di SMA Negeri 1 Tarakan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan angket prokrastinasi akademik dan dokumentasi nilai PAS (Penilaian Akhir Semester). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 114 siswa yang diambil mengunakan teknik proportionate random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan, dengan persamaan regresi Ŷ = 105,460 - 0,618X. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa prokrastinasi akademik memberikan pengaruh sebesar 12,4% terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan.

Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Prestasi Belajar Matematika

The purpose of this research was to determine the effect of academic procrastination on mathematics learning achievement of Grade XI Science students at SMA N 1 Tarakan. This research used a survey method conducted on Grade XI Science students at SMA N 1 Tarakan in the even semester of academic year of 2020/2021. The data were collected using academic procrastination questionnaires and documentation of End Semester Assessment (known as PAS Penilaian Akhir Semester) scores. The research population was all Grade XI Science students at SMA N 1 Tarakan. The research samples were 114 students collected using a proportionate random sampling technique. The results show that academic procrastination affected the mathematics learning achievement of Grade XI Science students at SMA Negeri 1 Tarakan, with the regression equation = 105.460-0.618X. Based on the calculation results of determination coefficient, it shows that academic procrastination had an effect of 12.4% on mathematics learning achievement of Grade XI Science students at SMA N 1 Tarakan.

Detail Informasi