Pengaruh Minat Belajar Berbasis Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Minat Belajar Berbasis Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengaruh Minat Belajar Berbasis Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Dzulkifli - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar berbasis pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa SMP Negeri 7 Tarakan kelas VIII. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisoner dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 24.0 for windows untuk menganalisis data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya kategori minat belajar berbasis pembelajaran daring siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan lebih dominan pada kategori cukup dengan tingkat persentase 69,11%. Hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan lebih dominan kearah kategori cukup dengan persentase 40,65%. Minat belajar berbasis pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan dengan persamaan regresi sederhana menunjukkan Y ̂=80,234-0,238X. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa minat belajar berbasis pembelajaran daring memberikan kontribusi sebesar 1,8% terhadap hasil belajar matematika.

Kata Kunci: Minat Belajar Berbasis Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Matematika

This research aims at figuring out the influence of online-based learning interest on mathematical learning achievement of Grade VIII student of SMP Negeri 7 Tarakan. This quantitative research used a survey method. The research samples were obtained using a stratified random sampling. Questionnaire and documentation were also employed to collect the data. The research data were then analyzed using the software off SPSS 24.0 for windows. The research result show that the online-based learning interest on learning achievment of Grade VIII student of SMP Negeri 7 Tarakanwas generally more dominant at fair category with the percentage level of 69.11%. The mathematical learning achievement of Grade VIII students of SMP Negeri 7 Tarakan was more dominant leading to fair category with the percentage level of 40.65%. the online-based learning interest influenced the mathematical learning achievement of Grade VIII students of SMP Negeri 7 Tarakan as proven by the simple regression equation result showing that Y ̂=80,234-0,238X. The determination coefficient analysis result show that online-based learning interest had the contribution of 1.8% on mathematical learning results. Keywords: Online-Based Learning Interest, MAthematical Learning Achievement

Detail Informasi