Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Junelsya Gultom - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya 1) pengaruh model pembelajaran (ARIAS dan konvensional) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, 2) pengaruh gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, dan 3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran (ARIAS dan konvensional) dengan gaya belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan. Peneltian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMP Negeri 9 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunkan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah VII-3 sebagai kelas kontrol dan VII-4 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan angket gaya belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur.
Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa 1) model pembelajaran (ARIAS dan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dengan nilai p-value 0,000, 2) gaya belajar siswa tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dengan nilai p-value 0,082, dan 3) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan dengan nilai pvalue 0,365.

Kata Kunci: ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Gaya Belajar

The research aims to determine 1) the influence of learning models (ARIAS and conventional) on the ability to understanding mathematical concepts, 2) the influence of learning styles, visual, auditory and kinesthetic on the ability to understanding mathematical concepts, and 3) the influence of interaction effects between learning models (ARIAS and conventional) with students' learning styles in the ability to understanding mathematical concepts in class VII students of SMP Negeri 9 Tarakan. This research was conducted in the even semester of 2018/2019 academic year at SMP Negeri 9 Tarakan. The type of research used in this research is quasi experiment with a 2x3 factorial design. The population in this research were all students of grade VII in SMP 9 Tarakan. Sampling is done by Simple Random Sampling. The sample in this research was class VII-3 as the control class and VII-4 as the experimental class. Data collection was done by using tests of understanding the mathematical concepts and questionnaires of student learning styles. Data analysis technique useing descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis includes the mean and standard deviation. Inferential analysis uses two-way variance analysis. Based on the results of the analysis with a significant level of 5% it can be concluded that 1) the learning model (ARIAS and conventional) affects the understanding of mathematical concepts with p-value of 0,000, 2) student learning styles cannot be compared with the ability to understanding mathematical concepts with p-value of 0.082, and 3) not there is an interaction between learning models and learning styles towards the ability to understanding mathematical concepts in class VII students of SMP Negeri 9 Tarakan with p value of 0.365. Keywords: ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction), Understanding Ability of Mathematics Concepts, Learning Style

Detail Informasi