Exploring EFL Students’ Perception On Cloudx Online Learning Media Of Eleventh Grade At SMK Negeri 1 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Exploring EFL Students’ Perception On Cloudx Online Learning Media Of Eleventh Grade At SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Exploring EFL Students’ Perception On Cloudx Online Learning Media Of Eleventh Grade At SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Pengarang : Nurul Idayanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa EFL terhadap media pembelajaran online CloudX kelas XI di SMK Negeri 1 Tanjung Selor. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 70 responden dari kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Selor. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan hasil wawancara sebagai informasi pendukung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa EFL memberikan persepsi terhadap media pembelajaran online CloudX dari sisi positif dan negatif. Sisi positifnya, siswa terbantu untuk menempuh pembelajaran jarak jauh di rumah melalui pertemuan virtual menggunakan aplikasi CloudX. Selain itu, terdapat beberapa fitur seperti audio, video, ruang chat, dan share screen untuk mendukung siswa dan guru berdiskusi dan berkomunikasi dalam proses pembelajaran online. Karenanya, siswa dapat dengan mudah memahami topik pembelajaran karena guru dapat berbagi dan menjelaskan materi secara bersamaan. Selanjutnya, aplikasi CloudX juga memberikan pengalaman positif dengan siswa. Misalnya, siswa dapat tahu bagaimana cara menggunakan teknologi (contohnya CloudX). Namun, siswa EFL juga memberikan persepsi negatif dari pembelajaran online melalui CloudX. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terkadang pembelajaran online melalui CloudX tidak efektif karena terdapat beberapa kendala seperti siswa tidak memiliki koneksi internet yang baik dan tidak semua siswa memiliki fasilitas yang memadai (seperti smartphone atau laptop) sebagai perangkat pendukung untuk mengikuti pertemuan virtual melalui CloudX. Di sisi lain, sebagian besar siswa lebih suka berbagi dan mendiskusikan ide dengan rekan dan kolega, menanggapi diskusi online di kelas tatap muka tradisional seperti dalam situasi normal sebelum pendidikan jarak jauh dilaksanakan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi