
Improving Students’ English Vocabulary Mastery By Using Index Card Match Strategy At The Seventh Grade Students Of SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan
Pengarang : Margareta - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dengan mengaplikasikan strategi pemasangan kartu indeks dalam proses pembelajaran siswa kelas tujuh di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian terdiri dari dua siklus dan setiap siklud terdiri dari tiga pertemuan. penelitian dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 21 Februari 2020 di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan. Peneliti menggunakan semua siswa kelas tujuh sebagai subjek penelitian yang mana hanya terdiri dari 32 siswa. Subjek tersebut terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar daftar observasi untuk mengamati proses pembelajaran dan tes kosakata untuk memeriksa penguasaan kosakata siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesuksesan siswa dalam tes kosakata yaitu 65.6% pada siklus pertama dan 87.5% pada siklus kedua. Kemudian hasil daftar observasi menunjukkan persentase guru pada siklus 1 adalah 91% dan siswa 84.3%, dan persentase siklus kedua untuk guru adalah 88% dan untuk siswa 87%. Ini membuktikan bahwa strategi pemasangan kartu indeks dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas tujuh di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan.
Tidak Tersedia Deskripsi