
An Analysis Of Students’ Writing Skill On Descriptive Text At Eleventh Grade Of SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Andi Faradilla - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas 11 di SMK Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 11 di SMK Negeri 2 Tarakan. Peneliti menggunakan tiga teknik dalam pengambilan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan teori Mile and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman mahasiswa terhadap materi menulis teks deskriptif masih rendah. Waktu yang diberikan kepada mahasiswa untuk latihan menulis sedikit. 2) Hampir seluruh siswa kekurangan dalam menguasai kosakata. Hal ini merupakan persoalan besar yang dimiliki siswa dalam belajar bahasa Inggris. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam penguasaan ketrampilan menulis. 3) Kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas 11 di SMK Negeri 2 Tarakan pada aspek isi, organisasi, kosa kata, penggunaan bahasa sebanyak, dan mekanisme rendah. Disamping itu, peneliti juga menemukan berbagai bentuk kesalahan penulisan teks deskriptif oleh siswa kelas 11 di SMK Negeri 2 Tarakan. Kesalahan penulisan tersebut antara lain tanda baca, penggunaan huruf capital, kesalahan penempatan kata, pengunaan istilah yang salah dalam kalimat, masalah dalam mengeja kata, dan kesalahan dalam menempatkan kata penghubung.
Tidak Tersedia Deskripsi