
The Correlation Between Students Reading Habit and Students Descriptive Writing Achievement of Eleventh Graders At SMKN 2 Tarakan
Pengarang : Agustinah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan membaca dengan prestasi menulis deskriptif siswa kelas XI SMKN 2 Tarakan tahun ajaran 2020/2021 atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas XI yang menggunakan teknik random sampling. Ada dua variabel dalam penelitian ini, variabel bebas (kebiasaan membaca siswa) dan variabel terikat (prestasi menulis deskriptif siswa). Siswa diberikan angket pada tes kebiasaan membaca, sedangkan tes menulis menggunakan tes teks deskripsi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus product moment Pearson. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada kebiasaan membaca siswa, hasilnya menunjukkan 3 siswa sangat tinggi dengan 5%. Kemudian 16 siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 26,67% dan 15 siswa dengan porsi sedang 25%. Sementara itu, terdapat 18 siswa dengan kebiasaan membaca rendah dengan persentase 30%, dan terdapat 8 siswa sangat rendah dengan persentase 13,33%. Pada hasil belajar menulis deskriptif siswa tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat baik dengan persentase 0%, 2 siswa berada pada kategori baik dengan persentase 3,33%, 6 siswa berada pada kategori cukup dengan persentase 10%, dan sebaliknya, poin terakhir, ada 52 siswa dalam kategori rendah dengan persentase 86,67%. Hasil Pearson Product Moment menunjukkan koefisien korelasi atau rtest sebesar 0,812 lebih tinggi dari rtabel yaitu 0,254. Tingkat signifikansi probabilitas (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 lebih rendah dari tingkat signifikansi yaitu 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan prestasi menulis deskriptif siswa. Selain itu, dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan ketika skor kebiasaan membaca buruk, kualitas tulisan mereka juga buruk. Sebaliknya, jika skor kebiasaan membaca siswa baik, skor tes menulis mereka juga baik.
Tidak Tersedia Deskripsi