
Improving Students’ Speaking Achievement By Using Board Games At Eight Grade Of SMPN 12 Tarakan In 2020/2021
Pengarang : Fadillah Weah Sukarno - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana papan bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa terlebih dalam berbicara dikelas VIII-5 di SMPN 12 Tarakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 32 siswa. Jumlah sampel adalah 12 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, dan tes berbicara. Terdapat kriteria kesuksesan dalam penelitian ini. Nilai tes berbicara siswa harus mencapai 70.0 atau melebihi dengan persentase 75%. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode campuran. Analisis kualitatif untuk mengambil data dari lembar pengamatan, analisis kuantitatif untuk menghitung data dari tes berbicara. Hasil penelitian dari siklus pertama sampai siklus kedua menujukkan bahwa penggunaan papan bermain dapat meningkatkan hasil berbicara siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai berbicara siswa yang meningkat disetiap siklus. Pada pertemuan kedua pada siklus satu presentase kelas adalah 17% sedangkan di pertemuan kedua pada siklus kedua adalah 75%. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan latihan berbicara menggunakan papan bermain dapat meningkatkan nilai berbicara siswa. Hasil lembar observasi menunjukan proses pembelajaran berhasil. Berdasarkan hasil lembar pengamatan, didapatkan bahwa belajar dan mengajar dengan menggunakan papan bermain sangat bermanfaat dan membuat siswa santai dan membuat kegiatan belajar terasa menyenangkan. Dari peneltian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan papan bermain pencapaian berbicara siswa meningkat.
This study was aimed to find out if the use of board games was able to improve student learning achievement in speaking in class VIII-5 at SMPN 12 Tarakan. This was a Classroom Action Research (CAR). The population in this study were 32 students and the samples were 12 students. The instruments used in this study were observation sheets, and speaking test. There were criteria used to measure success in this research. Students’ speaking test scores had to reach 70.0 and above with percentage of 75%. The data analysis technique in this study used mixed methods. Qualitative analysis to retrieve data from the observation sheet, quantitative analysis to calculate data from the speaking test. The results of the study indicated that the use of board game was able to improve student speaking achievement at each cycle. In the first cycle, class success at the first meeting was 17% while in the second cycle was 75%. It was concluded that the use of board game improved students’ speaking scores. The observation sheet results showed that the learning process was successful. Based on the results of observation sheet, it was known that the use of board game was very useful in creating fun learning activities and improving students’ speaking achievement.