
English Teacher’s Problems In Implementing The 2013 Curriculum In Online Learning At SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan
Pengarang : Rini Handayani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi oleh guru Bahasa Inggris dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada pembelajaran daring di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Peneliti menggunakan guru Bahasa Inggris di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan sebagai subjek penelitian. Dalam melaksanakan penelitian, peneliti menggunakan triangulasi dengan jenis triangulasi metode. Terdapat metode-metode dalam pengambilan data seperti, melakukan observasi pada kelas online, wawancara serta menggunakan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam masalah persiapan, guru bahasa Inggris bingung dalam menyusun dokumen guru karena keterbatasan dalam memperoleh referensi untuk pembelajaran online dan keterbatasan waktu dalam membuat dokumen guru. Dalam proses belajar mengajar, guru belum optimal dalam mengimplementasikan konten yang tercantum dalam RPP karena guru harus beradaptasi dengan suasana kelas online. Observasi merupakan bagian yang sulit dari pembelajaran online karena guru tidak dapat mengontrol dan melihat siswa secara langsung. Kemudian motivasi belajar siswa menurun, dan tidak ada dorongan atau dukungan dari orang tua siswa, sehingga masih ada siswa yang pasif di kelas online. Guru menguasai platform pembelajaran, tetapi guru menghadapi masalah karena siswa tidak dapat menggunakan platform pembelajaran dengan tepat. Koneksi internet yang tidak stabil menjadi masalah besar yang dialami oleh guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran online. Dalam proses penilaian, guru merasa terbebani karena komponen penilaian terlalu kompleks. Selain itu, dalam pembelajaran online banyak sekali toleransi yang diberikan guru kepada siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi