Pengembangan Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Bilangan Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Bilangan Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengembangan Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Bilangan Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Harnisa Fitri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 8 Tarakan pada kelas VII Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku saku berbasis kearifan lokal sebagai sumber belajar pada materi bilangan yang layak dan praktis untuk siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan.
Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan yang terdiri dari: Analysis(analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Namun, karena keterbatasan waktu dan pembatasan tujuan penelitian, maka pada penelitian ini peneliti memodifikasi model pengembangan ADDIE dengan membatasi hanya sampai tahap pengembangan (development). Tahap pengujian produk melalui 2 tahapan yaitu penilaian para ahli dan respon pengguna. Pada penilaian para ahli divalidasi oleh ahli materi, ahli tampilan dan ahli bahasa. Pada uji coba kelompok kecil dilakukan pada 2 guru matematika dan 6 siswa. Pada uji coba lapangan dilakukan pada 26 siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa produk buku saku berbasis kearifan lokal yang dikembangkan berdasarkan validasi oleh ahli materi memperoleh kategori sangat layak dengan persentase 85,71%, ahli tampilan memperoleh kategori sangat layak dengan persentase 86,25% dan ahli bahasa memperoleh kategori sangat layak dengan persentase 85%. Sedangkan dari hasil penelitian di lapangan oleh respon pengguna siswa diperoleh perentase 83,5% dengan kategori sangat praktis. Karena telah memenuhi syarat layak dan praktis yang terdiri dari aspek kelayakan isi atau materi, kelayakan tampilan, kelayakan bahasa, dan kepraktisan respon pengguna, maka buku saku berbasis kearifan lokal dapat digunakan sebagai sumber belajar pada materi bilangan yang layak dan praktis untuk siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan.

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal, Model Pengembangan ADDIE

This research type was research and development which is conducted at SMP Negeri 8 Tarakan at VII class in Academic Year 2018/2019. The objective of this research was to develop the pocket book based on local wisdom as a learning source on number material that was suitable and practical for the seventh grade students of SMP Negeri 8 Tarakan. The development model used was ADDIE model modification. The ADDIE model consists of five stages that were consisted of: Analysis, Design, Development, and Evaluation. However, because of limitation time and limitation of the research objectives, so the researcher modified the ADDIE model modification by limiting the stage only in development stage. The product testing stage through two stages those were expert assessment and user response. In expert assessment was validated by the material experts, display experts and linguists. In the small group trials was carried out by 2 mathematics teachers and 6 students. On the field trial carried out by 26 students. The result of analysis shows that the product of pocket book based on local wisdom was developed based on validation by the material experts got a very suitable category with the percentage of 85.71%, display experts got a very suitable category with the percentage of 86.25% and linguists got a very suitable category with the percentage of 85 %. Whereas based on the result in the field by the responses of student users got the percentage of 83.5% with a very practical category. Because the pocketbook already fulfilled the suitable and practical requirements which consisting of aspects of the content or material feasibility, display feasibility, language feasibility, and practicality of user responses, so pocket book based on local wisdom can be used as a learning source on number material that suitable and practical for seventh grade students of SMP Negeri 8 Tarakan. Keywords: Development, Pocket Book Based on Local Wisdom, ADDIE Development Model

Detail Informasi