Pengembangan “Matbel Legenda” Berbasis Komputer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan “Matbel Legenda” Berbasis Komputer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengembangan “Matbel Legenda” Berbasis Komputer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Sri Rizki Amalia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran “Matbel Legenda” yang layak sebagai media pembelajaran untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan pada materi Teorema Pythagoras.
Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 7 Tarakan pada kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Pada model ADDIE terdiri dari 5 tahapan secara keseluruhan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan media pembelajaran “Matbel Legenda”, validasi oleh ahli isi atau materi, bahasa dan budaya, desain pembelajaran, dan media, serta uji coba yang dilakukan sebanyak 2 tahapan yaitu uji coba terbatas dilakukan terhadap 6 orang siswa, uji coba lapangan dilakukan terhadap 28 orang siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran “Matbel Legenda” yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh rata-rata skor 3,4 dengan kategori sangat baik, ahli bahasa dan budaya memperoleh ratarata skor 3,8 dengan kategori sangat baik, dan ahli media memperoleh rata-rata skor 3,4 dengan kategori sangat baik. Setelah validasi produk ke para ahli dan mendapat kategori sangat layak. Selain itu, hasil dari penelitian di lapangan, media pembelajaran “Matbel Legenda” telah memenuhi syarat kemudahan produk dioperasikan, kemudahan produk dipelajari, serta memiliki tampilan yang menarik. Media pembelajaran “Matbel Legenda” berbasis komputer untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air siswa memiliki hasil analisis Normalized gain yaitu 0,6 dengan kategori sedang. Dengan demikian, media pembelajaran “Matbel Legenda” dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan.

Kata Kunci: Matbel Legenda, Model Pengembangan ADDIE, Rasa Cinta Tanah Air

The purpose of this research was to produce the application of “Matbel Legenda” with computer based which was worthy as mathematics learning to grow the feeling of loving the homeland of VIII graders in SMP Negeri 7 Tarakan on Teorema Pythagoras materials. The type of this research was Research and Development (R & D) which was conducted at SMP Negeri 7 Tarakan in class VIII. The development model used was ADDIE model. Overall, ADDIE model consists of 5 stages. The stages are started from Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The development stage was conducted by making the learning media “Matbel Legenda”, validated by the content expert, learning design expert, language and culture expert, media expert, and the testing was conducted in 2 stages with small group test which consisted of 6 students as the subjects and field test which consisted of 28 students as the subjects. The analysis showed that the learning media “Matbel Legenda” which was developed based on the validation of content expert got average score of 3,5 with very good category, the learning design expert got average score of 3,4 with very good category, the language and culture expert got average score of 3,8 with very good category, and the media expert got average score of 3,4 with very good category. Furthermore, the result from field test for “Matbel Legenda” had fulfilled the requirements as a product that was easy to operate, easy to learn, and has attractive appearance. The “Matbel Legenda” learning media based on computer to grow the students’ feeling of loving the homeland has an analysis result as Normalized gain of 0,6 with medium category. Because of that, the “Matbel Legenda” learning media was worthy to be used as additional learning media to grow the feeling of loving the homeland of VIII graders in SMP Negeri 7 Tarakan. Keywords: Matbel Legenda, ADDIE Development Model, The Feeling of Loving the Homeland

Detail Informasi