
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Game “Jumpmath” Berbasis Komputer Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Prayogo Pangestu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan game edukasi “Jumpmath” berbasis komputer yang layak sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan pada materi pola bilangan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 8 Tarakan Kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan peneliti adalah model ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan),dan Implementasi (Implementasi). Pada model ADDIE terdiri 5 tahapan secara keseluruhan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan game edukasi “Jumpmath”, kemudian validasi oleh ahli isi atau materi, media, atau desain pembelajaran, serta uji coba yang dilakukan sebanyak 2 tahapan yaitu uji coba kelompok kecil terhadap 6 orang siswa, dan uji coba lapangan dilakukan terhadap 30 orang siswa kelas VIII.
Hasil analisis menunjukan bahwa game edukasi “Jumpmath” yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 3.67 dengan kategori sangat baik, ahli media memperoleh rata-rata 3.40 dengan kategori baik, dan ahli desain pembelajaran memperoleh rata-rata 3.54 dengan kategori sangat baik. Hasil dari validasi produk oleh para ahli mendapat kategori layak. Selain itu, hasil dari penelitian di lapangan, game edukasi ”Jumpmath” telah memenuhi penilaian pengukuran sasaran produk. Sehingga game edukasi “Jumpmath” dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai media belajar tambahan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Game Edukasi “Jumpmath”, Model Pengembangan ADDIE, Media Pembelajaran Matematika
The purpose of this study was to produce an appropriate computer-based "Jumpmath" educational game as a learning media for mathematics of class VIII students of SMP Negeri 8 Tarakan on material pattern numbers. This type of research was research and development carried out in Class VIII of SMP Negeri 8 Tarakan. The development model used by researcher was the ADDIE model, namely Analysis, Design, Development, and Implementation. The ADDIE model consists of 5 stages as a whole, but in this study only reached the development stage. The development phase was carried out by making an educational game "Jumpmath", then validation by content experts, media, or learning design, as well as testing conducted in 2 stages, namely small group trials of 6 students, and field trials conducted on 30 class VIII students. The results of the analysis show that the "Jumpmath" educational game developed based on material expert validation obtained an average score of 3.67 with very good categories, media experts obtained an average of 3.40 with good categories, and learning design experts gained an average of 3.54 with very good categories . The results of product validation by experts get a decent category. In addition, as a result of research in the field, the "Jumpmath" educational game has fulfilled the assessment of product target measurement. So that the educational game "Jumpmath" can be said to be feasible to be used as an additional learning media for class VIII students of SMP Negeri 8 Tarakan. Keywords: Development, "Jumpmath" Educational Game, ADDIE Development Model, and Mathematics Learning Media