Studi Pemasangan Kapasitor Bank Pada Panel Distribusi Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas 1 Utama Juwata Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Pemasangan Kapasitor Bank Pada Panel Distribusi Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas 1 Utama Juwata Tarakan

Studi Pemasangan Kapasitor Bank Pada Panel Distribusi Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas 1 Utama Juwata Tarakan

Pengarang : Kasma - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Bandar Udara adalah kawasan di darat yang merupakan unit kerja instansi pemerintah yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas. UPBU Kelas 1 Utama Juwata merupakan Bandar Udara yang terletak 3,5 dari pusat kota Tarakan provinsi Kalimantan Utara. Bandara ini memiliki catu daya utama yang disuplai oleh PLN melalui sistem jaringan distribusi Tegangan Menengah 20kV 50Hz dengan daya 1110kVA. Dalam pengoperasiannya Bandara Juwata Tarakan memiliki peralatan-peralatan dengan beban induktif yang cukup besar, beban induktif yang besar dapat menyebabkan rendahnya faktor daya sehingga mengakibatkan rugi-rugi daya, untuk menghindari kejadian tersebut maka akan dilakukan kompensasi daya reaktif dengan pemasangan Kapasitor Bank. Kapasitor bank adalah susunan komponen kapasitor yang dapat disusun seri maupun paralel yang paling umum digunakan dalam kompensator VAr karena kapasitor memiliki sifat kapasitif untuk mengimbangi sifat induktif pada beban dan berfungsi untuk perbaikan faktor daya. Dalam penelitian ini akan menghitung kebutuhan kapasitor bank, mengetahui kebutuhan daya reaktif dan hasil pemasangan kapasitor bank terhadap faktor daya dengan melakukan simulasi pemasangan kapasitor bank secara group compensation pada panel distribusi menggunakan software ETAP pada beban Terminal (Bus 13), beban CCR (Bus 15), beban Localizer (Bus 21), beban Glide Path (Bus 24) dan beban DVOR (Bus 26). Berdasarkan hasil simulasi pemasangan kapasitor bank lebih efisien ketika dipasang pada Bus 13 dan Bus 15 karena mampu memperbaiki faktor daya dari Cos φ1= 98,95% dengan kebutuhan daya reaktif 72,8 kVAr menjadi Cos φ2= 99,72% dengan kebutuhan daya reaktif 37,3 kVAr dan hanya memerlukan dua titik lokasi pemasangan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi