
Pengembangan Modul IPA Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Lapisan Bumi Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Nur Jannah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas modul IPA bermuatan Pendidikan Karakter sebagai bahan ajar IPA pada materi lapisan bumi berdasar kriteria kelayakan dan kepraktisan. Produk pengembangan yang dihasilkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi guru IPA sebelum diuji cobakan kepada responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Uji coba dilakukan keepada 25 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengembangan modul IPA bermuatan pendidikan karakter yaitu ahli media sebesar 95,38% (sangat layak), ahli materi sebesar 90,67% (sangat layak), praktisi sebesar 85,56% (sangat layak) sehingga diperoleh persentase rata-rata kelayakan 90,53% (sangat layak), sedangkan respon siswa sebesar 90,3% (sangat praktis). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa modul IPA bermuatan pendidikan karakter pada materi lapisan bumi telah memenuhi syarat kelayakan sebagai bahan ajar, disarankan untuk pengembangan modul untuk materi lainnya.
The purpose of this study was to determine the quality of the science module contains Character Education as science teaching material on earth layer material based on feasibility criteria and practicality. The development products produced were validated by media experts, material experts, and science teacher practitioners before being tested on respondents. The type of research used is Research and Development (R & D) with a 4-D development model (Define, Design, Development, and Disseminate).Tests were conducted on 25 class VIII students of SMP Negeri 1 Tarakan. The results obtained from the development of the science module containing character education are media experts at 95.38% (very feasible), material experts at 90.67% (very feasible), practitioners at 85.56% (very feasible) so that the percentage of average feasibility of 90.53% (very feasible), while the student response is 90.3% (very practical). Based on the results of the above research, it can be concluded that the science module containing character education on earth layer material has fulfilled the eligibility requirements as teaching materials, it is recommended for the development of modules for other material.