Super Mare Berbasis Komputer Jenis Game Platformer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Super Mare Berbasis Komputer Jenis Game Platformer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan

Super Mare Berbasis Komputer Jenis Game Platformer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengarang : Achmad Nur Fauzi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan game edukasi “Super Mare” berbasis komputer yang layak sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Tarakan kelas X. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan),dan Implementasi (Implementasi). Pada model ADDIE terdiri 5 tahapan secara keseluruhan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan game edukasi “Super Mare”, validasi olleh ahli isi atau materi, media, atau desain pembelajaran, serta uji coba yang dilakukan sebanyak 2 tahapan yaitu uji coba kelompok kecil terhadap 6 orang siswa, dan uji coba lapangan dilakukan terhadap 30 orang siswa.
Hasil analisis menunjukan bahwa game edukasi “Super Mare” yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 3.75 dengan kategori sangat baik, ahli media memperoleh rata-rata 3.2 dengan kategori baik, dan ahli desain pembelajaran memperoleh rata-rata 3.46 dengan kategori baik. Setelah validasi produk ke para ahli dan mendapat kategori layak. Selain itu, hasil dari penelitian di lapangan, game edukasi ”Super Mare” telah memenuhi penilaian pengukuran sasaran produk. Sehingga game edukasi “Super Mare” dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai perangkat belajar tambahan siswa kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan.

Kata Kunci: Super Mare, Model Pengembangan ADDIE, Media Pembelajaran Matematika

The purpose of this study was to produce a computer-based "Super Mare" educational game as a learning media for mathematics of class X students of SMA Muhammadiyah Tarakan with the lesson of equations and absolute value inequalities of one variable. The type of this research was research and development carried out in SMA Muhammadiyah Tarakan at class X. The development model used was the ADDIE model, namely Analysis, Design, Development, and Implementation. The ADDIE model consists of 5 stages as a whole, but in this study only reached the development stage. The development phase was carried out by making educational games "Super Mare", validation by content experts or material, media, or learning design, and trials conducted in 2 stages, namely small group trials of 6 students, and the field trials conducted on 30 students. The results of the analysis showed that the education game "Super Mare" developed based on material expert validation obtained an average score of 3.75 with very good categories, media experts obtained an average of 3.2 with good categories, and learning design experts gained an average of 3.46 with good categories . After product validation to experts and get a decent category. In addition, as a result of research in the field, the "Super Mare" educational game has fulfilled the assessment of product target measurement. So that the educational game "Super Mare" can be said to be feasible to be used as an additional learning device for class X students of SMA Muhammadiyah Tarakan. Keywords: Super Mare, ADDIE Development Model, and Mathematics Learning Media

Detail Informasi