
Self-Regulated Learning Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Putria Illiyyin Chaidir - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan cara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan melatih Self-Regulated Learning dalam belajar matematika. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan, mulai tanggal 18 April 2019 ? 18 Juli 2019 di SMP Negeri 2 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak empat orang yang dipilih menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi yang ditulis dalam catatan lapangan kemudian dianalisis mengguunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima kelas VIII di SMP Negeri 2 Tarakan tersebut, ada sedikitnya enam siswa yang memiliki Self-Regulated Learning yang bagus. Namun setelah dilakukan penelitian yang lebih mendalam, maka ditemukan yang benar-benar memiliki Self-Regulated Learning yang bagus adalah empat siswa yang berinisial A, B, C, dan D. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh bahwa keempat siswa tersebut melatih Self-Regulated Learning dalam belajar matematika pada aspek Metakognisi dengan cara: 1) Merencanakan dan mengontrol waktu dalam belajar matematika; 2) Mengingat rumus matematika dengan melakukan pengulangan secara terus-menerus; dan 3) Menyelesaikan ujian matematika dengan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Pada aspek Motivasi dengan cara: 1) Menjaga semangat dan keyakinan diri dalam belajar matematika; dan 2) Berbagi pengetahuan matematika dengan menjadi tutor sebaya. Pada aspek Perilaku dengan cara: 1) Berkonsentrasi dan mencari bantuan bantuan dalam belajar matematika dengan memanfaatkan lingkungan sekitarnya.
Kata Kunci: Self-Regulated Learning, dan Pendidikan Matematika
The purpose of this research is to describe the way eighth-grade students of SMP Negeri 2 Tarakan practice Self-Regulated Learning in learning mathematics. This research was conducted for three months, starting on April 18 – July 18, 2019 at SMP Negeri 2 Tarakan. The kind of this research is case study with qualitative approaches. The research subjects were four students of eighth-grade who were selected by using purposive sampling. Data collection is done by observation, interviews, and documentation analysis that wrote by field note and then get analyze by using data reduction, data display, and conclusions. The result of the research showed that of five classes of eighth-grade in SMP Negeri 2 Tarakan, there are at least six students who did have good Self-Regulated Learning. But after a deeper research, it is found that actually who did have good Self-Regulated Learning is four students who have initials A, B, C, and D. Based on the result of the research it was obtained that the four students practised SelfRegulated Learning in learning mathematics on the aspect of metacognition by: 1) Plan and control the time in learning mathematics; 2) Remember the mathematics formula by repeating it continuously; and 3) Complete the math exam by doing the easiest questions first. On the aspect of motivation by: 1) Keep spirit and and confidence in learning mathematics; and 2) Share the mathematics knowledge by becoming a tutor peer. On the aspect behavior by: 1) Concentrate and seek help in learning mathematics by utilizing the surrounding environtment. Kata Kunci: Self-Regulated Learning, dan Mathematics Education