
Pengembangan Videoscribe Pembelajaran Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Didik Kurniawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 7 Tarakan pada kelas VII-8 Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk media pembelajaran Video Edukatif “Videoscribe” yang Layak sebagai media pembelajaran untuk siswa Kelas VII-8 SMP Negeri 7 Tarakan pada materi Aritmatika Sosial.
Model pengembangan yang digunakan adalah model Luther yang terdiri dari 6 tahapan yaitu Concept (Konsep), Design (Perancangan), Material Collecting (Pengumpulan Bahan), Assembly (Perakitan), Testing (Pengujian) dan Distribution (Penyebaran). Evaluasi produk Media Pembelajaran Video Edukatif “Videoscribe” dilakukan sebanyak 2 tahapan yaitu tahap uji alpa dan tahap uji beta. Pada tahap uji Alpa media di validasi oleh para ahli materi/isi, ahli pembelajaran, dan ahli media. Sedangkan tahap uji Beta dilakukan pengujian pada 32 siswa sebagai pengguna akhir media. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk Media Pembelajaran Video Edukatif “Videoscribe” yang dikembangkan berdasarkan validasi beberapa aspek. 2 aspek validasi tersebut antara lain: aspek isi atau materi rata-rata skor adalah 3,31 dengan kriteria sangat layak, dan aspek media rata-rata skor adalah 3,27 dengan kriteria sangat layak. Sedangkan dari hasil penelitian dilapangan Media Pembelajaran Videoscribe telah memenuhi syarat rekayasa perangkat lunak, komunikasi visual dan desain pembelajaran. Dengan demikian Media Pembelajaran Videoscribe dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pebelajaran untuk siswa kelas VII-8 SMP Negeri 7 Tarakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Videoscribe, Model Pengembangan Luther
This type of research is research and development carried out in Tarakan Public Middle School 7 in class VII-8. The aim of the research was to produce feasible products of "Videoscribe" Educative Video Learning Media as learning media for students of class VII-8 of SMP Negeri 7 Tarakan on Building Material. The development model used is the Luther model which consists of 6 stages, namely Concept (Design), Design (Design), Material Collecting (Material Collection), Assembly (Assembly), Testing (Testing) and Distribution (Distribution). Evaluation of Learning Media products Educative Video "Videoscribe" is done in 2 stages, namely the empty test stage and the beta test stage. In the Alpa test phase the media is validated by material / content experts and media experts. While the Beta test stage was tested on 32 students as media end users. The results of the analysis show that the Learning Media product of the "Videoscribe" Educational Video was developed based on the validation of several aspects. The 2 aspects of validation include: the content aspect or the average score material is 3,31 with very decent criteria, and the average media aspect score is 3,27 with very decent criteria. While the results of research in the field of Learning Media Educational Video "Videoscribe" has fulfilled the requirements of software engineering, visual communication and learning design. Thus the Learning Media of the Educational Video " Videoscribe " can be said to be very decent to be used as learning media for class VII-8 students of SMP Negeri 7 Tarakan. Keywords: Learning Media for Educational Video "Videoscribe", Luther's Development Model