Pengembangan Media Pembelajaran Matematika “Viewpper” Pada Materi Pola Bilangan Dan Koordinat Kartesius Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Matematika “Viewpper” Pada Materi Pola Bilangan Dan Koordinat Kartesius Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika “Viewpper” Pada Materi Pola Bilangan Dan Koordinat Kartesius Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Mochamad Restu Widodo - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk media pembelajaran ”Viewpper” yang layak pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan maret 2019 di SMP Negeri 10 Tarakan.
Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) mengunakan metode Luther. Pada model Luther terdiri dari 6 tahap. Tahapannya dimulai dari concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distrubution. Pada tahap testing dilakukan 2 uji coba yaitu (1) alpha testing berupa validasi ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran. (2) beta testing yaitu berupa uji coba kelompok kecil dengan subjek 6 orang siswa dan uji coba lapangan dengan subjek 20 orang siswa.
Hasil uji coba yang didapatkan pada alpha testing yaitu validitas media dengan nilai rata-rata 3,2 dengan kategori sangat baik, validitas materi dengan nilai rata-rata 3,7 dengan kategori sangat baik dan validitas desain pembelajaran dengan nilai ratarata 3,1 dengan kategori sangat baik Sedangkan dari hasil penelitian di lapangan, aplikasi “Viewpper” telah memenuhi syarat kelayakan sebagai media pembelajaran,. Sehingga aplikasi “Viewpper” dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran ”Viewpper”, Model Pengembangan Luther, Media Pembelajaran Matematika

The purpose of this study was to produce a "Viewpper" learning media product that was feasible in grade VIII students of SMP Negeri 10 Tarakan. This research was conducted during March 2019 in 10 Tarakan State Middle School. The research was type of research and development (R & D) using the Luther method. The Luther model consists of 6 stages. The stages started from concept, design, collecting materials, assembly, testing, and distribution. In the testing phase, 2 trials were conducted, namely (1) alpha testing in the form of validation of material experts, media experts and learning design experts. (2) beta testing was in the form of a small group trial with subjects of 6 students and field trials with the subject of 20 students. The test results obtained on alpha testing were media validity with an average value of 3.2 with very good categories, material validity with an average value of 3.7 with very good categories and validity of learning design with an average value of 3.1 with a very good category. As for the results of the research in the field, the "Viewpper" application had fulfilled the eligibility requirements as a learning media. So that the application "Viewpper" be feasible to be used as a learning media for grade VIII students of SMP Negeri 10 Tarakan. Keywords: Development, Viewpper Learning Media, Luther Development Model, Mathematics Learning Media

Detail Informasi