Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika

Pengarang : Salwa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan ditinjau dari kemampuan awal matematika. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian kombinasi (kuantitatif dan kualitatif) dengan desain penyisipan atau the embedded design. Metode tunggalnya yaitu kualitatif dengan menganalisis data subjek penelitian yang terpilih berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari kemampuan awal matematika. Sedangkan penelitian kualitatif hanya sebagai penguat atau penegasan dengan hasil uji coba instrumen penelitian berupa tes. Pemilihan subjek penelitian dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Sebelum instrumen tes diberikan kepada subjek penelitian, soal terlebih dahulu di uji kelayakan yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Tes kemampuan awal matematika diberikan kepada seluruh siswa kelas XI IIS SMAN 3 Tarakan, hasil tes kemampuan awal dikategorikan menjadi tinggi, sedang dan rendah. Dari hasil kategori masing-masing kelas akan mewakili satu siswa untuk tiap kategorinya untuk diberikan tes kemampuan pemahaman konsep. Dari hasil tes kemampuan awal matematika dan tes kemampuan pemahaman konsep, peneliti menentukan subjek yang akan diwawancarai guna mendapatkan informasi yang diperlukan mengenai kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari kemampuan awal matematika. Sehingga terpilih 3 siswa yang menjadi subjek penelitian yang mewakili untuk tiap kategori kemampuan awal matematika.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : Subjek B14 dengan kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari kemampuan awal kategori tinggi memperoleh : pada soal nomor 1 mampu mencapai 1 dari 2 indikator pemahaman konsep, pada soal nomor 2 mampu mencapai 3 indikator pemahaman konsep, dan pada soal nomor 3 tidak dapat mencapai indikator pemahaman konsep. Subjek A27 dengan kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari kemampuan awal matematika kategori sedang memperoleh : pada soal nomor 1 mampu mencapai 2 indikator pemahaman konsep, pada soal nomor 2 mampu mencapai 2 dari 3 indikator pemahaman konsep, dan pada soal nomor 3 tidak dapat mencapai indikator pemahaman konsep dari 3 indikator. Subjek D2 dengan kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari kemampuan awal matematika kategori rendah tidak dapat mencapai indikator pemahaman konsep pada setiap soal.

Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Awal Matematika

This research aims to analyze the ability to understand the concept of students of the class XI IIS SMA Negeri 3 Tarakan reviewed from the early mathematical ability. This type of research used combination research (quantitative and qualitative) with insertion design or the embedded design. The single method is qualitative by analyzing the data of the selected research subject based on the test result of the concept comprehension review from the initial mathematical ability. While qualitative research is only as an amplifier or affirmation with test results of research instruments in the form of tests. The selection of research subjects with sampling techniques was used purposive sampling. The data collection techniques in this study are written tests, interviews and documentation. Before the test instrument was given to the research subject, the problem was in the feasibility test consisting of the validity test and the reliability test. The initial math ability test was given to all students of the IIS class XI SMAN 3 Tarakan, the initial ability test results are categorized into high, medium and low. From the category results each class will represent one student for each category to be given a test of concept comprehension ability. From the test results of early mathematical skills and the ability test of the concept comprehension, researchers determined the subject to be interviewed in order to obtain the necessary information about the ability to understand concepts reviewed from the initial mathematical abilities. So selected 3 students who are the subject of research representing for each category of early mathematical abilities. From the results of the study showed that: subject B14 with the ability to understand concepts reviewed from the initial ability of high category gained: in question number 1 is able to reach 1 of 2 indicators of concept understanding, in question number 2 is able to achieve 3 indicators Understanding of concepts, and in question number 3 is not able to reach an indicator of concept comprehension. Subject A27 with the ability to understand the concept of review from the initial ability of mathematics category is gaining: in question number 1 is able to achieve 2 indicators of understanding concepts, in question number 2 is able to reach 2 of 3 indicators of understanding the concept, and in question number 3 can not reach an indicator of understanding the concept of 3 indicators. Subject D2 with the ability of concept comprehension reviewed from the initial ability of the lower category mathematics can not reach the indicators of understanding the concept of each question. Keywords: Analysis, Ability To Understand Concepts, Early Math Skills

Detail Informasi