
Penerapan Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analogi Matematika Pada Siswa Kelas IX-3 SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Yuanda Ramadan Sobbirin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran analogi matematika siswa melalui penerapan pendekatan Metaphorical Thinking pada siswa kelas IX-3 SMP Negeri 5 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 April 2019 – 16 April 2019 di SMP Negeri 5 Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-3 SMP Negeri 5 Tarakan, yaitu 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa serta instrumen tes kemampuan penalaran analogi matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa serta hasil post-test kemampuan penalaran analogi matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keterlaksanaan pembelajaran guru mengalami peningkatan sebesar 0,53. Pada keterlaksanaan pembelajaran guru siklus I menunjukkan hasil sebesar 3,15 dengan kategori baik menjadi 3,68 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Kemudian, pada keterlaksanaan pembelajaran siswa juga menunjukkan peningkatan sebesar 12% siswa. Pada siklus I menunjukkan hasil sebesar 88% siswa berada pada minimal kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 100% siswa berada pada minimal kategori baik. Selain itu juga, hasil kemampuan penalaran analogi matematika pada setiap tahapannya mengalami peningkatan, yaitu tahapan pengkodean, penyimpulan, pemetaan dan aplikasi. Pada siklus I menunjukkan hasil sebesar 84% siswa berada pada minimal kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92% siswa berada pada minimal kategori baik. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil kemampuan penalaran analogi matematika yang terjadi sebesar 8% siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Metaphorical Thinking dapat meningkatkan kemampuan penalaran analogi matematika pada siswa kelas IX-3 SMP Negeri 5 Tarakan.
Kata Kunci: Penalaran Analogi, Metaphorical Thinking
The study aims to improve the mathematical reasoning ability of students through the application of the Metaphorical Thinking approach to class IX-3 students of SMP Negeri 5 Tarakan. The type of research is classroom action research. This research was conducted on 12 April 2019 - 16 April 2019 at SMP Negeri 5 Tarakan. The subjects of this study were students of class IX-3 of SMP Negeri 5 Tarakan, namely 25 students. Data collection techniques in this study used sheets of teacher and student learning accomplishments as well as students' mathematical reasoning ability test instruments. Data analysis techniques used, namely data analysis of the implementation of teacher and student learning and the results of the post-test students' mathematical analogy reasoning ability. This research was conducted in 2 cycles, which consisted of 3 meetings in each cycle. The results of this study indicated that the implementation of teacher learning has increased by 0,53. In the implementation of learning the teacher first cycle showed results of 3,15 with a good category to 3,68 with a very good category in second cycle. Then, in the implementation of student learning also showed an increased of 12%. In first cycle, the results showed that 88% of students were in the minimum good category and increased in second cycle to 100% of students in the minimum good category. In addition, results of mathematical analogy reasoning ability at each stage have increased, namely the stages of econding, inferring, mapping and applying. In the first cycle showed results of 84% of students in the minimum good category and in the second cycle increased to 92% of students in the minimum good category. The shows an increase in the results of mathematical analogy reasoning abilities that occur by 8% of students. Based on the results of the above research, it can be concluded that the application of the Metaphorical Thinking approach can improve the ability of mathematical analogy reasoning in grade IX-3 students of SMP Negeri 5 Tarakan. Keywords: Reasoning Ability, Mathematical Analogy, Metaphorical Thinking Approach