
Pengembangan Media Pembelajaran QITA Menggunakan Unity Pada Materi Operasi Bilangan Pecahan Biasa Kelas VII MTs Negeri Tarakan
Pengarang : Muhammad Rizki Nurhidayatullah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di MTs Negeri Tarakan pada kelas VII Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk media pembelajaran Qita yang berkualitas pada materi operasi pecahan biasa untuk siswa Kelas VII MTs Negeri Tarakan.
Model pengembangan yang digunakan adalah model Luther yang terdiri dari 6 tahapan yaitu Concept (Konsep), Design (Perancangan), Material Collecting (Pengumpulan Bahan), Assembly (Perakitan), Testing (Pengujian) dan Distribution (Penyebaran). Evaluasi produk Media Pembelajaran Qita dilakukan sebanyak 2 tahapan yaitu pengujian alfa dan pengujian beta. Pada tahap uji alfa media di validasi oleh para ahli materi atau isi, dan ahli media. Sedangkan tahap uji Beta dilakukan 3 (tiga) tahap uji coba, yaitu (1) uji coba perorangan yang dikakukan oleh 3 orang siswa, (2) uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 12 orang siswa, dan (3) uji coba lapangan yang dilakukan 28 orang siswa.
Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli (pengujian alfa) didapatkan skor sebagai berikut: (1) ahli materi memberikan skor rata-rata 2,75 dengan kriteria “baik” dan (2) ahli media memberikan skor rata-rata 2,9 dengan kriteria “baik”. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian beta untuk pengguna akhir didapatkan skor sebagai berikut: (1) uji coba perorangan dengan skor rata-rata adalah 2,17 berkategori “kurang baik”, (2) uji coba kelompok kecil dengan skor rata-rata adalah 2,55 berkategori “baik”, dan (3) uji coba lapangan dengan skor rata-rata adalah 2,70 berkategori “baik”. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Qita berkualitas sebagai media pembelajaran matematika pada materi operasi bilangan pecahan untuk siswa kelas VII MTs Negeri Tarakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Qita, Model Pengembangan Luther
The type of research is the research and development carried out in MTs Negeri Tarakan in class VII Academic Year 2019/2020. The purpose of the study was to produce Qita which the quality learning products on ordinary fractional operation materials for Class VII students of MTs Negeri Tarakan. The development model used is the Luther model which consists of 6 stages, namely Concept, Design, Material Collection, Assembly, Testing and Distribution. Evaluation of Qita Learning Media products is carried out by 2 testing are alpha testing and beta testing. In alpha testing the media is validated by experts in the material or content, and media experts. While the Beta trial was conducted 3 (three) trials, namely (1) individual trials conducted by 3 students, (2) small group trials conducted by 12 students, and (3) field trials conducted by 28 students. Based on the results of the validation carried out by experts (alpha testing) obtained the following scores: (1) material experts give an average score of 2.75 with “good” criteria and (2) media experts give an average score of 2.9 with the "good " criteria. Then received with beta testing for end users obtained the following scores: (1) individual trials with an average score of 2.17 is "not good" category, (2) small group trials with an average score of 2.55 is "good" category , and (3) field trials with an average score of 2.70 in the "good" category. From these results, it can be concluded that the Qita learning media is quality as a media for learning mathematics in fraction operations material for VII grade students of MTs Negeri Tarakan. Keywords: Qita Learning Media, Luther Model Development