
A Descriptive Analysis On Flouting And Hedging Of Conversational Maxims In The Little Vampire 3D Movie
Pengarang : Megawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan (1) jenis-jenis maksim percakapan dari Prinsip Kooperatif yang mengandung ekspresi pelanggaran dan ekspresi pagar (hedge) oleh karakter dalam film The Little Vampire 3D dan (2) bagaimana cara karakter dalam film The Little Vampire 3D melakukan pelanggaran dan ekspresi pagar dalam maksim percakapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah dalam bentuk dialog dan ucapan yang tertuang dalam film dan transkrip atau teks dari film The Little Vampire 3D yang mengandung pelanggaran dan ekspresi pagar dari maksim percakapan. Sumber data dalam penelitian ini adalah film The Little Vampire 3D dan transkrip dari film tersebut. Data dikumpulkan dengan menonton film, membaca skrip secara berulang kali kemudian mengidentifikasi ungkapan. Data kemudian diidentifikasi menggunakan batasan yang disediakan, dikodekan ke dalam tabel pelanggaran dan lindung nilai, ditafsirkan berdasarkan konteks masing-masing data, dibahas dalam penjelasan yang lebih dalam dan kaya dengan alur cerita kemudian disimpulkan sesuai dengan pertanyaan penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan dua poin, pelanggaran dan ekspresi pagar dari empat jenis maksim percakapan dalam Prinsip Kooperatif. Yang pertama adalah bahwa dari keempat maksim, maksim kuantitas dan maksim relasi adalah yang paling banyak dilanggar oleh karakter dalam film The Little Vampire 3D, yaitu masing-masing sebanyak 17 dialog. Sedangkan maksim kualitas sangat jarang dilanggar oleh karakter dalam film The Little Vampire 3D yaitu hanya sebanyak 8 dialog. Poin yang kedua, karakter dalam film The Little Vampire 3D menggunakan ekspresi pagar lebih sering dalam maksim kualitas, yaitu sebanyak 13 dialog dan sangat jarang menggunakan ekspresi pagar dalam maksim kuantitas, yaitu sebanyak 4 dialog. Akhirnya, setelah menyelesaikan penelitian ini, peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat menjadi referensi pembelajaran untuk pembaca, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dan untuk para peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian yang sama. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mempelajari penelitian yang lebih lengkap terutama dibidang yang sama.
The objective of this study were to identify and describe (1) the kinds of conversational maxim that are flouted and hedged by the characters in The Little Vampire 3D movie and (2) the ways of flouted and hedged applied by the characters in The Little Vampire 3D movie. The study employed a descriptive qualitative approach. The data in the study were in the form of dialogues and utterances in the movie and the transcript or text of The Little Vampire 3D movie which contained flouting and hedging of the conversational maxims. The source of the data was The Little Vampire movie and the transcript of the movie. The data were collected through watching the movie, reading and re-reading the script then identifying the utterances. The data then identified using the limitation provided, coded into the data table sheet, interpreted as what were found based on the context of each data, discussed into a deeper and richer story-lined explanation, and then concluded for the research questions. The results of the study revealed two points, flouting and hedging the four kinds conversational maxims of Cooperative Principle. The first is that from the four maxims of Cooperative Principle, the maxim of quantity and relation maxims are the mostly flouted by the characters, such as 17 occurences for each. Meanwhile, maxim of quality is rarely flouts by the characters, such as 8 occurences. The second was the maxim of quality was mostly hedges by the characters, such as 13 occurences and the characters rarely hedge the maxim of relation, such as 4 occurences. Finally, after finishing the study, the researcher hopes that this study could be a learning reference to the reader, to students of English Department and to the further researchers who conduct the same research. It is suggested to the next researcher to study more complete research, especially in the same field.