Perlindungan Karya Cipta Lagu atau Musik yang Dinyanyikan Ulang (Cover Song) di Jejaring Media Sosial | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perlindungan Karya Cipta Lagu atau Musik yang Dinyanyikan Ulang (Cover Song) di Jejaring Media Sosial

Perlindungan Karya Cipta Lagu atau Musik yang Dinyanyikan Ulang (Cover Song) di Jejaring Media Sosial

Pengarang : Rauva Alfrida Qirom - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Salah satu perkembangan zaman adalah dengan ditemukannya internet. Internet memiliki andil dalam memberikan informasi serta menyebarkan kreasi seseorang yang berkaitan dengan industri musik dalam berinvestasi yang merupakan bagian dari Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Dengan berkembangnya teknologi ini pula banyak oknum - oknum yang kurang menghargai Hak cipta pada sebuah musik yang telah lama populer untuk di nyanyikan kembali (cover song) melalui platfom media sosial, khususnya Youtube. Dalam hal ini, maka permasalahan yang diangkat yaitu 1. Penggunaan karya cipta lagu atau musik yang dinyanyikan ulang (cover song) di jejaring media sosial dikaitkan dengan hak terkait. 2. Akibat hukum terhadap karya cipta lagu atau musik yang dinyanyikan ulang (cover song) di jejaring media sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan karya cipta lagu atau musik yang dinyanyikan ulang (cover song) di jejaring media sosial dikaitkan dengan hak terkait. 2. Untuk mengetahui akibat hukum terhadap karya cipta lagu atau musik yang dinyanyikan ulang (cover song) di jejaring media sosial. Penelitian ini dilakukan dengan tipe penelitian normatif dengan Pendekatan Perundang-Undangan (Statute Approach), Pendekatan Kasus (Staute Case), dan Pendekatan Konseptual (Conseptual Approach). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kegiatan menyanyikan ulang sebuah lagu (cover song) dapat merupakan perbuatan yang melanggar Hak Cipta jika cover song dilakukan dengan tujuan komersial dan si Pencipa dan pihak terkait merasa keberatan akan hal itu dan akibat hukum yang terjadi dari kegiatan cover song adalah ketika si Pencipta dan pihak terkait merasa keberatan dengan lagu mereka yang di nyanyikan ulang maka mereka dapat menuntut si pelaku cover song dengan gugatan ganti rugi ataupun gugatan pidana.

One of the developments of the era is the discovery of the internet. The internet has a role in providing information and disseminating someone's creations related to the music industry in investing which is part of Intellectual Property Rights (IPR). sing it back (cover song) through social media platforms, especially Youtube. In this case, the issues raised are 1. The use of copyrighted songs or cover songs on social media networks is associated with related rights. 2. Legal consequences for copyrighted songs or music that are sung again (cover songs) on social media networks. The purpose of this study was to determine the use of copyrighted works of songs or re-sung music (cover songs) on social media networks associated with related rights. 2. To find out the legal consequences of copyrighted works of songs or music that are sung again (cover songs) on social media networks. This research was conducted with a normative type of research with a Statute Approach, a Staute Case Approach, and a Conceptual Approach. Based on the results of the study, it was concluded that the activity of singing back a song (cover song) can be an act that violates Copyright if the cover song is done with commercial purposes and the creator and related parties object to it and the legal consequences that occur from cover song activities are when The creator and related parties object to their song being re-sung, so they can sue the performer of the cover song with a lawsuit for compensation or a criminal lawsuit.

Detail Informasi