
Improving Students’ Writing Skill By Using Picture Series Media At Eight Grade Students Of SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Esti Dwi Oktaviani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan menulis siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Picture Series dalam pengajaran recount text di SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas VIII di SMP Negeri 8 Tarakan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-8. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan cara teknik purposive sampling. Kelas VIII-8 adalah kelas yang diberi perlakuan. Kelas yang diberi perlakuan berjumlah 30 siswa. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pretest, treatment, dan posttest. Pada tahap pretest siswa diminta untuk menulis teks pada writing test. Setelah pretest, peneliti memberikan treatment. Kelas yang diberi perlakuan diajarkan meggunakan media Picture Series. Setelah diberikan treatment, siswa diminta untuk menulis teks pada writing test pada tahap posttest. Dalam menganalsis data, peneliti menggunakan paired samplet-test dalam aplikasi 42.0.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata dalam pretest dan posttest. Ini dibuktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa dari pretest adalah 36.27 dan 43.20 pada hasil posttest. Ini berarti terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 6.93. Hasil dari Paired Sample t-test yaitu 2.119 lebih besar dari angka t-table yaitu 2.045. Itu berarti keterampilan menulis siswa dalam teks recount text mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan. Hasil dari perbandingan sig (2 tailed) 0.000 lebih kecil dari 0.05, itu berarti bahwa Picture Series media dapat memberikan kontribusi pada keterampilan menulis siswa. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Picture Series media efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam recount text.
This research objective was to find out whether there was any significant difference in students’ writing skill before and after being taught using Picture Series media in learning recount text at Eighth grade students of SMP Negeri 8 Tarakan. The design of this research was Pre-Experimental research. The population in this research was all of the eighth grade students at SMP Negeri 8 Tarakan. The sample in this research was 30 students. The sample was chosen by using purposive sampling technique. Class for treatment was VIII-6. It consisted of 30 students. The steps in this research were pretest, treatment, and posttest. In the pretest, the students were asked to write the writing test. After giving the pretest, the researcher gave treatment. The treatment class was taught by using Picture Series media. After giving the treatment, students were asked to write the writing test in posttest. In analyzing the data, the researcher was used paired sample t-test in SPSS 24.0. The result of this research showed that there was different mean score in pretest and posttest. It was proven by the result of the students’ mean score from pretest was 36.27 and 43.20 in the posttest. It means that the improvement of the students’ mean score was 6.93. The result of Paired Sample t-test was 2.119 higher than t-table was 2.045. It means that the students’ writing skill in recount text have an improvement after giving the treatment. The result of sig (2 tailed) 0.000 is lower than 0.05, it means that the Picture Series media can give any contribution to the students’ writing skill. Based on the explanation above, it can be concluded that using Picture Series Media is effective to improve student’s writing skill in recount text.