
The Use Of Numbered Heads Together To Improve Students’ Reading Comprehension At Seventh Grade Students Of SMPN 7 Tarakan In Academic Year 2018/2019
Pengarang : Titin Herawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa pada siswa kelas tujuh di SMPN 7 Tarakan. Penelitian ini berbentuk Pra-eksperiment. Peneliti mencari perbedaan dari pencapaian siswa dikelas sebelum dan setelah diajarkan menggunakan Numbered Heads Together (NHT) teknik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7-2 yang terdiri dari 29 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes membaca berupa pra ujian dan pasca ujian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan skor rata-rata antara pra tes dan pos tes. Hal ini dibuktikan dengan hasil skor rata-rata siswa. Rata-rata skor yang diperoleh siswa terdapat signifikan antara pra tes dan pos tes. Di pra tes adalah 18,94% dan 15,92% di pos tes. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu sebesar 8,6207 poin. Dapat dilihat bahwa peningkatan nilai rata-rata siswa pada pos tes lebih tinggi daripada pra tes dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari nilai membaca siswa antara pra tes dan ppos tes. Hasil dari paired sample test menunjukkan bahwa hasil t-test (2.819)lebih tinggi dari t-table (2.048). Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan
dari penggunaan Numbered Heads Together (NHT) teknik dalam pembelajaran dimana teknik ini mampu meningkatkan semangat belajar siswa, membantu siswa dalam berpikir kritis. Kemudian dapat disimpulkan bahwa NHT teknik terbukti efektif meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas tujuh di SMPN 7 Tarakan.
The purpose of this research was to find out whether Numbered Heads Together technique can improve students’ reading comprehension at seventh grade students’ of SMPN 7 Tarakan. This research was in the form of Pre-experiment. The researcher tried to find out the differences before and after being taught using numbered heads together technique. The subject of this study was students in grade 7-2 which consisted of 29 students at SMPN 7 Tarakan in academic year 2018/2019. The instruments were reading tests that included pre-test and post test. The result of this study indicated that there was difference between pre-test and post test. It was proven by the results of the students mean score. The students’ mean score there was significant between pre test and post test. In pre-test were 18,94% and 15,92% at the post test. The score in post test was higher than the pre-test scores. It showed that there was a significant difference from students’ reading score on pre-test and post test. The results of the paired sample test indicate that the t-test (2.819) was higher that the t-table (2.048). In this research, the researcher found there was significant differences from the use of NHT technique in learning. This technique was able to improve students’ enthusiasm, helped students understand the text easily, and builded students critical thinking. Then it can be concluded that the NHT technique has proven to be an effective technique for increasing reading comprehension in seventh grade students’ of SMPN 7 Tarakan.