
Analisis Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar Di Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Sultan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas pembelajaran dan variabel kualitas pelayanan dalam hubungannya dengan kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa Fakultas Ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, data diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 150 responden. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi mulai tahun akademik 2006 / 2007 sampai dengan tahun akademik 2009 / 2010, yaitu sebanyak 248 mahasiswa. Sampel yang diambil ditetapkan sejumlah 150 mahasiswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS 4.0 dengan maximum likelihood estimation. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa loyalitas mahasiswa dapat dibangun dari variabel pembelajaran melalui variabel kepuasan mahasiswa. Loyalitas mahasiswa juga dapat dibangun dari variabel kualitas pelayanan melalui variabel kepuasan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai CR = 4,001 yang membuktikan hipothesis yang menyatakan bahwa antara variabel pembelajaran terhadap variabel kepuasan mahasiswa terdapat pengaruh positif. Hasil penelitian ini juga membuktikan hipothesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai CR = 4,082. Sedangkan nilai CR = 3,501 menunjukkan pengaruh positif antara variabel kepuasan mahasiswa terhadap variabel loyalitas mahasiswa.
The aim of this research is to analyze the impact variables of the learning quality and the service quality on satisfaction and loyalty of the student of Ekonomi Fakulty in Central Java. This research use a survey method, the data is collected by having questionnaires of 150 respondents. The population of this research is 1144 students of Ekonomi Fakulty that were started in the academic year of 2006 / 2007 to 2009 / 2010. It is decided that the sample of this research is 150 students. The sampling method of this research is purposive sampling that has certain criteria. Then, the data is analyzed with Structural Equation Modelling (SEM) under AMOS 4.0 computer program with maximum likelihood estimation. According to the result it is concluded that the student loyalty can be improved by improving the learning quality that will improve the student satisfaction. The student loyalty can also be improved by improving the service quality that will improve the student satisfaction. This conclusion is based on the CR value which is in amount of 4,001. It confirms the hypothesis which stated that there is a positive effect between learning quality variable on the student satisfaction variable. The results of this research also find that there is a positive impact between service quality variable on the student satisfaction variable. It is shown by the CR value which is in amount of 4,082. Finally, the CR = 3,501 shows that there is a positive effect between student satisfaction variable on the student loyalty variable.