Analisis Perilaku Konsumen Dalam Membeli Milo Malaysia Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Perilaku Konsumen Dalam Membeli Milo Malaysia Di Kota Tarakan

Analisis Perilaku Konsumen Dalam Membeli Milo Malaysia Di Kota Tarakan

Pengarang : Rizki Maulana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Produk minuman milo Malaysia dengan mudah ditemukan pada pasar-pasar di kota Tarakan dan menyediakan banyak pilihan bagi konsumen untuk memilih produk minuman. Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen pembeli produk milo malaysia di kota Tarakan, mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perilaku konsumen pembeli produk milo malaysia di kota Tarakan. Metode penentuan sampel penelitian menggunakan Purposive sampling dengan jumlah responden 50 orang. Jenis data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data primer yaitu data kuesioner dan data sekunder yaitu data dari hasil quesioner. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, studi pustaka serta dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas dan regresi linier berganda dengan uji r, uji f dan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah perilaku konsumen dalam membeli milo Malaysia di pasar Batu, mulai dari situasional mempengaruhi pembelian konsumen terhadap milo Malaysia. Maka tidak mengherankan, jika kini perkembangan pasar Batu berusaha untuk menarik minat beli konsumen. Pasar Batu berusaha menarik minat beli konsumen dengan mendesain atmosfer toko sehingga dapat menarik perhatian perilaku pembelian, khususnya yang mengarah pada situasi unpurchase, yaitu situasi pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya oleh konsumen, dan pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai produk milo Malaysia, serta pengetahuan kualitas produk milo Malaysia sehingga menarik perhatian konsumen untuk membeli dan informasi yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan keperibadian mempengaruhi keputusan pembelian produk milo Malaysia, sesuai dengan jenis kelamin, usia, pekerjaan dan keperibadian mereka. Responden juga tidak mementingkan masalah harga melainkan kualitas dari produk milo Malaysia. Hal ini membuktikan bahwa kategori faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk milo Malaysia. Dari uji validitas dan reabelitas, menghasilkan Nilai yang lebih besar dari nilai yang di tetapkan pada literatur tabel yang ada sengihgga menghasilkan nilai yang valid dan reabel. Begitu pula regresi linier berganda juga terdapat di dalamnya ada uji r, uji f dan uji t, semua alat ukur yang di gunakan dalam analisis ini di ketahui nilai yang sesuai dengan hasil yang di harapkan sehingga data yang di analisis dapat di katakan layak mengunakan alat analisis regresi linier berganda.
Kata Kunci: Perilaku konsumen, Keputusan pembelian

The Malaysian Milo drinking products are casily found in various markets in Tarakan with numerous variants for customers to choOSe. This research aims at revealing the characteristics of customers purchasing the Malaysian Milo products in Tarakan, factors influencing the customers purchasing behaviors to the Malaysian Milo products in Tarakan. The research samples were collected using a purposive sampling technique with the total respondents of 50 customers. This study was classified into qualitative-quantitative research with the primary and secondary data respectively obtained from questionnaires and questionnaire analysis results. The data were collected using questionnaires, interviews, literature studies, and documentation. The data were then analyzed using descriptive analysis, validity test, reliability test, and muliple Iincar regression with r-iest, f-test, and t- test. The results of this research show that the customers' purchasing behaviors to Malaysian Milo products in Batu market, started from the situations influencing the customers purchasing the Malaysian Milo products. Thus, it is not surprising that the recent development of Batu market poSsibly attracts the customers' purchasing interests. Batu market has tned to attract the customers purchasing interest by designing the atmosphere in its shops and stores, especially leading to the unpurchased situations, a purchasing situation previously not planncd by the customers. Customers knowledge is all intfomation belonging to customers related to the Malaysian Milo products and quality attracting the customers to purchase in which intormation and personality also intluenced the customers purchasing decision to the Malaysian Milo products based on gender, age, occupation, and personality. The respondents also did not mind to the price of the product as long as the quality 1s good. It was proved that personal factor category influenced the customers purchasing decision to the Malaysian Milo products. Both validity and reliability tests show bigger values than those established in the existing literature tables and eventually resulted in valid and reliable values. In addition, the multiple linear regression containing r-test, f-test, and t-test, and all measuring instruments used in this research analysis also had the values in accordance with the expected results, so that the analyzed data could be considered feasible by using the multiple linear regression analysis. Keywords: customers, Behaviors, Purchasing Decision

Detail Informasi