Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Beras Bulog Di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Beras Bulog Di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara

Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Beras Bulog Di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara

Pengarang : Fitri Ardiati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek serta mengetahui pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pembelian beras bulog di Kota Tarakan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kuantitatif.. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli beras pada Perum Bulog. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang konsumen, teknik penentuan sampel menggunakan Nonprobability sampling, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu responden yang terpilih menjadi anggota sampel atas dasar pertimbangan peneliti. Variabel independen (Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek) memiliki pengaruh secara pasrial dan simultan terhadap variabel dependen (Keputusan Pembelian) Beras Bulog di Kota Tarakan. Hal ini dapat dijelaskan dengan hasil yang telah diuji. Menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) memiliki nilai t hitung sebesar 2,205 yang berarti > 1,661 dengan nilai signifikansi 0,030 yang berarti < 0,05. Variabel Harga (X2) memiliki nilai t hitung sebesar 3,356 yang berarti > 1,661 dengan nilai signifikansi 0,001 yang berarti < 0,05. Variabel Citra Merek (X3) memiliki nilai t hitung sebesar 2,277 yang berarti > 1,661 dengan nilai signifikansi 0,025 yang berarti < 0,05. Dari hasil uji F nilai f hitung sebesar 14,246 yang berarti > 2,70, dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti < 0,05. Untuk nilai R Square sebesar 0,308 artinya variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen pada beras bulog sebesar 30,8%, untuk sisanya atau 69,2% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Artinya untuk tingkat hubungannya termasuk dalam kategori lemah (20% - 39,9%). Dari hasil uji Standardized Coefficients Beta menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh/dominan adalah variabel harga (X2) terhadap keputusan pembelian beras bulog dengan nilai 0,305.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian

This research aims at examining and analyzing the influence of product quality, price and brand image as well as revealing the most dominant influence on Bulog- rice purchasing decision in Tarakan. This research was conducted using a quantitative approach. The popuIation of this research was customers purchasing rice from A State-own enterprise known as the Indonesian logistics Bureau (Perum Bulog). The research samples were 100 customers collected using non-probability sampling and purposive sampling technique in which the selected responders became the research samples based on the researcher’s consideration. Independent variables (Product quality, Price dan Brand image) partially and simultaneously influence dependent variable (Bulog-rice purchasing decision) in Tarakan. The research results show that Product quality (XI) load the value of t-count of 2.205 > I.661 with the significance value of 0.030 < 0.05. Price (X2) had the value of t- count 3.356 > I.661 with the significance value of 0.001 < 0,05. Brand image (X3) had the value of t-count of 2.277 > 1.661 with the significance value of 0.025 < 0.05. The result of F test, the value of f-count was I4.246 > 2.70 with the significance value of 0.000 < 0.05. In addition, the value of R-square was 0.308, meaning that independent variables influenced dependent variable to Bulog rice at 30.8%, while the rest 69.2% was influenced by other variables not included in this research. It meant that its level of relationship was categorized into weak (20% - 39.9%). From the result of Standardized Coefficient Beta test shows that the most dominant/influencing variable was price (X2) on Bulog-rice purchasing decision with the value of 0.305. Keywords: Product Quality, Price, Brand Image, Purchasing Decision

Detail Informasi