
Pengaruh Efektifitas Iklan Pada Minat Beli yang Dimediasi Oleh Sikap Konsumen (Studi pada Produk Sabun Mandi Merek Lifebuoy Di Kelurahan Selumit Kota Tarakan)
Pengarang : Firman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011XML Detail Export Citation
Abstract
Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan yang bersaing diantaranya adalah selalu berusaha mendapatkan cara terbaik untuk merebut dan mempertahankan pangsa pasar. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengkomunikasikan produknya dengan beriklan. Melalui iklan produsen dapat mempromosikan sebuah produk, begitu juga melalui iklan konsumen dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah produk. Iklan cenderung dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk Oleh karena itu beriklan dituntut efektif agar memberi pengaruh positif terhadap proses pembelian konsumen. Agar Efektif iklan harus memiliki daya tarik yang tinggi, harus kreatif dan juga dapat dilakukan dengan menggunakan kreatifitas yang tinggi. Iklan dengan daya tarik tinggi adalah bila memenuhi 3 indikator yaitu meaningful, destinctive dan believable. Iklan kreatif adalah bila memenuhi indikator unik, smart dan mengundang rasa ingin tahu. Iklan yang efektif adalah iklan yang pesannya mudah dipahami, iklannya mudah diingat dan mereknya dikenali. Kreatifitas yang tinggi dapat memberikan efek positif pada pembentukan sikap positif konsumen pada merek yang diiklankan. Penelitian dilakukan kepada 120 responden yang memenuhi syarat dengan memberikan kuesioner untuk diisi lengkap,.dari hasil analisis SEM menunjukkan model memenuhi Goodness of fit index, sehingga dapat dikatakan model penelitian ini layak untuk digunakan. Pengujian atas hipotesis yang diajukan, tiga dari empat hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis telah memenuhi syarat diterima yaitu nilai CR> 2 dengan Probability < 0,05. Penelitian ini telah membuktikan bahwa efektifitas iklan memberikan pengaruh pada pembentukan sikap positif konsumen yang mendorong minat beli pada konsumen, dimana efektifitas iklan sendiri bisa dipengaruhi oleh kreativitas iklan dan daya tarik iklan. Oleh karena itu disarankan untuk meningkatkan kreativitas iklan yang digunakan.
The Challenges faced by companies that contend among others is to always try to get the best way to capture and maintain market share. One way to do this is to communicate their products by advertising. Through advertising producers can promote a product, as well as through consumer advertising can know the advantages and disadvantages of a product. Advertising is tend to attract consumers to make purchases of a product is therefore required to advertise effectively in order to provide a positive influence on consumer buying process. To be effective advertising must have a high appeal, must be creative and can also be done using a high creativity. Advertise with high attraction is if it fulfills the three indicators that is meaningful, destinctive and believable. Advertising creative is if it fulfills a unique indicator, smart and curious. A credible advertising is advertising that meets the three indicators of popular, trusted and expertise, while effective advertising is advertising that its message is understood, the ad is memorable and recognizable brand. High creativity can provide a positive effect on the formation of positive attitude of consumers to the brand being advertised. The study was conducted on 120 respondents who qualified by giving questionnaires to be completed. From the results of SEM analysis showed the model to meet Goodness of fit index, so it can be said the research model is feasible to use. Tests of hypotheses proposed, three of four hypotheses showed that the hypothesis has received the qualified value of CR> 2 with probability